Ton Modified, Tukang Air Brush Nyambi Mekanik Balap

Portaltiga.com – Balap dan air brush tak bisa dipisahkan dari Sulton, rejeki juga dari 2 hobi itu. Memulai dari nol sebelum membuka bengkel berinisial Ton Modified, Sulton menimba ilmu dulu dari sesepuh air brush kala itu Cak Ali punggawa Aku Custom.

“Dulu yang masih tukang gosok bodi, terus belajar mengenal jenis cat sampai mulai menyemprot lewat spray gun,” ungkap Sulton, Rabu (12/12/2018).

Sepeninggalan gurunya Cak Ali, Sulton belum membuka bengkel tapi masih nomaden. Berpindah-pindah bengkel satu ke bengkel lainnya karena masih belum berani membuka sendiri kendala modal.

Setelah berkecimpung 10 tahun di dunia modifikasi dan balap baru Sulton berani membuka bengkel sendiri. Apalagi Sulton telah berkeluarga, pemikiran harus lebih pasti dan stabil dalam pemasukan.
“Kalau masih bujangan dulu, mau kemana saja nggak masalah,” kekeh Sulton saat mengingat masa lalu.

Bengkel yang dibukanya berada di Jl Pabean Kulon I/4-6, itu kebetulan rumah sendiri dan disulap menjadi workshop cat dan tune up. Aliran Sulton lebih ke arah grafis race line, berbeda dengan gurunya yang beraliran realis.

Harga yang dipatok Sulton realitif murah, jika paket polos full dikenai 1,3 juta dan airbrush 1,7 juta saja. Sulton tidak saja menerima pengecatan tapi oprek mesin juga ditangani, mau versi balap full atau harian ada. Kisaran harga mulai 4-9 juta tergantung mesinnya tipe 2 tak atau 4 tak.

Selain itu pretasi tim balapnya dibilang lumayan, usia timnya baru 4 tahun ini dengan pembalap utama Dias Varsa mampu menyabet juara 3 kelas pemula di road race Sampang 2017 silam. Sebuah tim yang berasal dari desa Arosbaya-Bangkalan ini digawangi Sulton sebagai mekanik masih terus berkembang di masa depan. (fey/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION