Kabar Kita

Lembaga Pendidikan Al Falah  Surabaya Gelar Student Exchange ke Singapura dan Malaysia

Portaltiga.com - Sebanyak 31 siswa-siswi dari SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo dan SMP Al Falah Surabaya mengikuti program student exchange yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Al Falah (LPF) Surabaya. Kegiatan ini berlangsung selama satu minggu, mulai 7-13 Januari 2024, di Singapura dan Malaysia.

Direktur Sekolah LPF Surabaya, Jusa Indrawan memberi pesan kepada para siswa saat pemberangkatan di bandara Juanda, Minggu (7/1/2024). Ia mendorong mereka untuk belajar dengan sungguh-sungguh agar dapat memperoleh pengalaman dan wawasan yang akan menjadi modal berharga untuk masa depan mereka.

"Dalam perjalanan ini, belajarlah dengan serius, taati aturan di dua negara tersebut, ambil yang positif dan terapkan, serta buang hal-hal yang negatif. Tunjukkan kemampuan kalian pada teman-teman di luar negeri dan nantinya, bagikan cerita serta pengalaman kalian kepada teman-teman di sekolah sebagai inspirasi," ujar Jusa Indrawan.

Tujuan dari kegiatan student exchange ini, menurut Wakil Direktur 1 LPF Surabaya, Tutik Susilowati, adalah untuk memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik tentang sistem pembelajaran di luar negeri. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan kerjasama antara LPF dengan sister school di Singapura dan Malaysia.

“Program student exchange ini diharapkan memberikan dampak positif dan inspiratif bagi siswa-siswi di LPF Surabaya, membuka wawasan baru, dan membentuk generasi yang lebih berdaya saing di tingkat internasional,” kata Tutik Susilowati.

Salah satu guru pendamping yang juga Kepala SMP Al Falah Surabaya, Darmanto mengatakan, program student exchange ini kembali diadakan setelah sekian lama terhenti. Dulu, LPF Surabaya telah membina kerja sama dengan beberapa sekolah di Singapura dan Malaysia, namun terhenti setelah pemerintah meniadakan status sekolah RSBI. Baru tahun ini program tersebut dapat dijalankan kembali.

Selama sepekan, para siswa peserta student exchange melakukan berbagai kegiatan, termasuk kunjungan ke beberapa sekolah di Singapura dan Malaysia. Beberapa sekolah yang dikunjungi antara lain Sekolah Indonesia Singapura, Sekolah Menengah Kebangsaan Padang Temu, Sekolah Menengah Kebangsaan Seri Bintang Selatan, dan Sekolah Menengah Kebangsaan Maahad Hamidiah.

Baca Juga : SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo Gelar P5 Bertema Dont Bully, Be a Friend

Tidak hanya itu, para siswa juga mendapatkan kesempatan berharga untuk berkunjung ke KBRI Singapura dan berpartisipasi dalam acara bertajuk BRISIK (Ngobrolin Isu Singapura Indonesia Kini). Dalam acara yang dipandu oleh Rizki Kusumastuti, Fungsi Pensosbud Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Singapura ini, mereka berdiskusi seputar Kiat Cermat Jadi Diplomat: Suka Duka Tugas di Singapura.

Melalui dialog yang hangat, para siswa mendapatkan peluang untuk melihat dunia dengan perspektif yang lebih luas. Pengalaman ini diharapkan dapat menjadi modal berharga untuk masa depan yang lebih baik bagi mereka.

Baca Juga : Pengukuhan Hafidz & Hafidzoh SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo Memotivasi Siswa Tambah Hafalan Alquran

Salah satu peserta student exchange, Carissa Aleshia Arkadevi dari kelas 9.2 SMP Al Falah Deltasari menyampaikan rasa senangnya dapat mengikuti program ini. Ia berbagi pengalaman mengunjungi berbagai tempat menarik, seperti Universal Studio, sekolah Indonesia-Singapura, dan KBRI Singapura.

“Banyak informasi-informasi baru yang saya dapatkan di sini. Pengalaman baru membuat saya mencoba untuk membuka perspektif saya lebih luas lagi. Dengan datang di sini, saya sadar bahwa ternyata dunia saya masih sangatlah kecil. Ada begitu banyak cerita di luar sana yang harus saya telaah lebih dalam lagi. Sehingga, pengalaman ini menjadi ajang tempat saya untuk mengeksplore lebih dalam lagi tentang banyak hal,” jelas Carissa penuh semangat.

Sementara itu, Maheswara Satrio Negoro dan Ismatullah Alkautsar, siswa kelas 9.3 SMP Al Falah Deltasari, menyatakan kebahagiaan mereka bisa mengikuti program ini. Mereka merasakan keseruan perjalanan, mendapatkan pengalaman baru, serta berkenalan dengan teman-teman baru dari Singapura dan Malaysia.

“Ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti student exchange. Seru sekali bisa bertemu dengan teman-teman sekolah dari luar negeri,” kata Alkautsar yang diamini oleh Maheswara. (ansor)

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait