Headline News

Rumah Singgah Pasien, Solusi Layani Pasien dan Keluarga Kurang Mampu 

23/08/2017
51 Views

Portaltiga.com – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) mendirikan rumah singgah yang diperuntukkan bagi pasien dan keluarga. Rumah singgah ini menjadi solusi dalam membantu masyarakat kurang mampu.

“Rumah singgah pasien IZI ini sangat membantu meringankan beban pasien dan keluarga dalam berobat di rumah sakit Surabaya. Terutama bagi masyarakat kurang mampu,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf saat meresmikan rumah singgah IZI di Jl Pucang Adi, Surabaya, Rabu (23/8/2017).

Menurutnya, terkadang masyarakat kebingungan di dalam mencari tempat tinggal setelah melakukan pengobatan di rumah sakit. Banyak dari masyarakat atau pasien yang setelah berobat mencari tempat tinggal berupa kos atau rumah sewa daripada kembali pulang ke daerahnya.

“Keberadaan rumah singgah seperti ini sangat meringankan dan membantu pasien yang sedang berobat dan melakukan rawat jalan. Saya memberikan apresiasi kepada IZI yang telah berinisiatif membuka rumah singgah bagi pasien dan keluarga khusus bagi mereka yang tinggal di luar Surabaya secara gratis ini,” jelasnya.

Pria yang akrab dipanggil Gus Ipul ini, mengakui banyak masyarakat yang enggan untuk berobat di rumah sakit besar di kota. Ini mengingat perjalanan jauh dan tidak adanya tempat tinggal.

Dicontohkannya, banyak warga dari luar Surabaya seperti Banyuwangi, Ngawi, Madura yang berobat tidak mungkin langsung pulang karena harus membutuhkan perawatan yang intens di rumah sakit. Terkadang, mereka yang rawat jalan tidak perlu menginap dirumah sakit namun harus bolak balik untuk konsultasi tentang penyakitnya.

“Inilah yang jadi problem kita, masyarakat malas untuk berobat karena jauh dan tidak adanya tempat menginap setelah berobat. Semoga rumah singgah ini, dapat memberi manfaat besar bagi pasien dan keluarga yang membutuhkan tempat tinggal,” paparnya. (bmw/abi)

Leave A Comment