Kiai Kampung Istiqomah Dukung Gus Ipul

Portaltiga.com – Forum Komunikasi Kiai Kampung Jatim (FK3JT) tak terpengaruh dengan pergantian bakal calon gubernur (bacagub). Siapapun penggantinya, FK3JT tetap mendukung bakal calon gubernur (bacagub) Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Pilkada Jatim 2018.

“Kami tetap istiqomah kepada kiai sepuh. Memperjuangkan Gus Ipul untuk menjadi Gubernur Jatim. Kiai kampung tak mempersoalkan siapa pendamping Gus Ipul,” kata KH Fahrurrozi kepada wartawan di Surabaya, Selasa (9/1/2018).

Menurutnya, Gus Ipul yang paling kuat. Sudah dua periode Gus Ipul menjabat wakil gubernur dan bergudang-gudang pengalaman. “Yang terpenting adalah, banyak kiai-kiai sepuh berada di belakang Gus Ipul,” tegasnya.

Karena itu, apapun keputusan DPP PDIP, kiai kampung bakal menerima. “Yang terpenting adalah gubernurnya tetap Gus Ipul dan seiman dengan para kiai kampung,” ucapnya.

Begitu pula soal gender, Gus Fahrur mengaku tidak mempersoalkan apakah laki-laki atau perempuan. Intinya, kiai kampung pasrahkan soal pendamping ke partai pengusung.

“Bisa perempuan bisa laki-laki. Kalau muncul nama Bu Puti (Puti Guntur Soekarno,) yang punya trah Presiden Soekarno, ya bagus-bagus saja. Nanti akan muncul duet religius-nasionalis,” tandasnya.

Dukungan nyata apa yang bakal dilakukan ?, Gus Fahrur mengatakan, paska Gus Ipul mendaftar ke KPU, kiai kampung akan segera membangun posko di daerah Mataraman. Daerah ini menjadi fokus kiai kampung karena daerah ini terkena daerah nasionalis bukan basis religius sehingga perlu mendapat sentuhan lebih kuat.

“Kita akan mendirikan posko di sembilan kabupaten/kota di daerah Mataraman. Daerah ini akan menjadi prioritas kami. Pendirian posko ini akan kami laksanakan setelah Gus Ipul mendaftar ke KPU. Kemungkinan besar kami tidak datang ke KPU saat Gus Ipul daftar, kecuali kalau diundang,” jelasnya. (bmw/abi)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION