Ketika Khofifah Ziarah Ke Makam Sunan Ampel

Portaltiga.com – Kedatangan Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di kompleks makam Sunan Ampel dalam rangka memperingati haul Sunan Ampel ke-569 disambut meriah warga. Memasuki wilayah komplek makam, masyarakat sudah berjejer ingin bersalaman dengan Khofifah. Warga yang duduk seketika menghampiri Khofifah untuk memeluk, bersalaman dan berswafoto mengabadikan momen.

Khofifah pun memenuhi permintaan warga. Dia menyalami satu per satu warga yang hadir dan menyambut permintaan warga.

Dia pun teringat akan masa kecilnya, saat rutin berziarah ke makam Sunan Ampel.

Mantan Menteri Sosial itu mengaku, jauh sebelum aktif di dunia politik, Khofifah membiasakan diri berziarah bersama rekan sekolahnya. Ziarah ke makam Sunan Ampel disebut sudah menjadi tradisinya sejak muda.

“Saya dari SMP itu biasanya kalau sore sepulang sekolah ke Sunan Ampel. Jadi ada tradisi ziarah ke Sunan Ampel sejak SMP,” tutur Khofifah Komplek Masjid Makam Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (4/5/2018).

Bahkan Khofifah mendapat ijazah khusus dari Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang rutin dibaca. Ziarah ke Sunan Ampel juga disebut menjadi rutinitas untuk membangun kesehatan rohani.

“Ada juga salah satu ijazahnya Gus Dur antara lain wirid tertentu yang dibaca tawasul Sunan Ampel sebelum tidur. Sebetulnya ada proses yang terbangun secara rohaniah saya pribadi antara kiai,” ungkapnya.

“Beberapa tradisi yang dilakukan oleh komunitas saya dan keluarga saya, ziarah ke sunan Ampel kebutuhan spiritual agar bersambung dengan para Wali Songo yang salah satunya adalah Sunan Ampel,” sambung Khofifah.

Ketua Umum Muslimat NU itupun mendapat tempat utama dalam haul sunan yang memiliki nama asli Raden Rachmat tersebut. Khofifah disediakan tempat terdepan, dekat dengan pusara Sunan Ampel bersama tokoh lainnya, salah satunya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Kehadiran Khofifah menjadi pusat perhatian masyarakat yang hadir. Khofifah yang datang mengenakan baju setelan putih itu disambut ribuan warga yang sudah menunggu kedatangannya di Komplek Masjid Makam Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur. (lnc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION