portaltiga.com
Headline Politika

Buntut Pengerahan Massa Kader Jumantik Jadi Relawan Eri, DPRD Panggil Inspektorat

Portaltiga.com – Pengerahan masa yang terdiri dari kader (Juru Pemantau Jentik (Jumantik) Kota Surabaya saat pemanggilan Kepala Bappeko Surabaya, Eri Cahyadi ke Bawaslu Kota Surabaya mendapat sorotan.

Legislator Surabaya juga turut meninjau masalah itu. Langkah yang dilakukan Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya lantas memanggil Inspektorat dan Badan Kepegawaian Kota Surabaya, Rabu (19/02/2020).

Langkah ini sebagai tindak lanjut untuk menyelidiki dan menindaklanjuti dugaan adanya ASN bermain dalam kancah Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya

“Menurut kami temuan itu sudah cukup, baik bukti maupun saksi. Oleh karena itu Saya rekomendasikan agar pihak inspektorat didamping Badan Kepegawaian untuk bertindak,” ujar Ketua Komisi A DPRD Surabaya, Pertiwi Ayu Khrisna.

Dirinya menegaskan bahwa pihak inspektorat dan BKD juga perlu menyampaikan kepada jajaran Pemerintah Kota Surabaya bahwa DPRD sebagai legislatif adalah mitra dalam pemerintahan dengan Pemkot Surabaya sebagai eksekutif.

Baca juga: PDIP Pastikan Eri Cahyadi Tidak Daftar Cawali Surabaya

Senada, Camelia Habiba selaku Wakil Ketua Komisi A menyatakan bahwa pihaknya ingin menyelaraskan kinerja Pemkot dengan DPRD Kota Surabaya.

“Jadi temuan Jumantik yang diduga digerakkan oleh oknum ASN ini harus diselidiki. Hasil hearing kami hari ini bahwa Inspektorat berjanji akan melakukan investigasi lebih lanjut,” terang Habiba.

Politisi PKB ini juga menegaskan bahwa nanti setelah menfapatkan laporan dari pihak Inspektorat, maka Komisi A akan mengumumkannya.

“Inspektorat minta waktu ya kita tunggu. Nanti hasilnya akan kita sampaikan pada masyarakat. Khususnya melalui media massa,” tutupnya.

Sementata itu, Basari dari Inspektorat Kota Surabaya menerangkan bahwa pihaknya setuju bahwa Pemeeintah Kota Surabaya adalah mitra dengan DPRD Kota Surabaya Terkait temuan dan laporan dari Komisi A tentang Jumantik yang hadir pada pemanggilan Kepala Bappeko ke Bawaslu Surabaya, dirinya berjanji akan melakukan investigasi lebih lanjut.

Baca juga: Awasi Eri Cahyadi Bawaslu Surabaya Kirim Surat Ke Parpol

“Kita akan lakukan tindakan sesuai SOP lah. Nanti kita akan tindak lanjuti,” ungkapnya singkat. (tea/tea)

Related posts

Dewan Surabaya Dukung Pencabutan Perwali 33

admin

Orang Nomor Dua Di Surabaya Ajak Warga Aktif Kerja Bhakti

admin

Soal SPBU BP AKR, Legislator Surabaya Belum Dapat Beri Keputusan Karena Hal Ini

admin