Youtuber Naik Kelas, UPN Veteran Jakarta Buka Jalur Prestasi

Portaltiga.com – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta mengungkapkan alasan kampusnya menerima Youtuber yang memiliki 10 ribu pengikut lewat jalur prestasi ke kampusnya lantaran menganggap mereka memiliki prestasi. UPN menganggap para pembuat konten di Youtube ini adalah tenaga kerja yang dibutuhkan di masa depan.

Rektor UPNVJ Erna Hernawati mengatakan keputusan menyertakan Youtube Content Creator dengan minimal 10.000 subscriber sebagai syarat menempuh jalur prestasi pada pendaftaran mahasiswa baru SEMA UPNVJ 2019 berasal dari pihak rektorat. “Itu, kan, sudah SK rektor. Kami baru memulainya tahun ini. Segala sesuatu sudah diputuskan rektor, tapi untuk teknis bisa ke ketua panitia,” kata Erna pada Kamis (13/6/2019).

Persyaratan bagi calon mahasiswa baru tersebut, kata Erna, untuk menyesuaikan dengan semangat zaman yakni revolusi industri 4.0 yang memang sedang berkembang di Indonesia. “Kami ingin mahasiswa-mahasiswa di sini itu termotivasi agar lebih kreatif. Makanya kami beri penghargaan khusus Youtube Creator melalui jalur prestasi,” ujar dia.

Perihal akun youtube dengan konten seperti apa, yang akan diterima oleh pihak universitasnya, Erna berkata, hal tersebut akan dikuratori secara ketat oleh tim internal mereka. Setelah calon mahasiswa baru tersebut mendaftarkan data diri beserta link youtubenya di website universitas, kata dia, maka tim tersebut yang nanti akan melakukan proses seleksi dan mempertimbangkannya lebih lanjut.

“Tim internal kami akan mempertimbangkan soal kontennya. Tidak konten yang abal-abal. Jadi kontennya yang lebih edukatif dan berguna bagi masyarakat. Bukan provokasi,” ujar Erna

Menurutnya selain minimal memiliki pengikut 10 ribu orang, ada juga persyaratan video yang sudah dibuat. Pembuat konten harus memiliki dua video dengan jumlah penonton minimal 200 ribu orang dengan kriteria video bermanfaat, kreatif, menarik, memiliki kualitas standar editing dan kualitas gambar yang bagus.

Penilaian tak hanya dilihat dari jumlah pengikut dan penonton. Konten kreator juga harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Setelah konten kreator itu dinyatakan lulus tahap pertama, panitia penerimaan mahasiswa baru UPN Veteran Jakarta akan meminta mereka untuk membuat dua video secara langsung dihadapan panitia dengan durasi 3 hingga 5 menit. Tahapan ini disebut Uji Keterampilan yang akan dilaksanakan 24 dan 25 Juli.

Adapun pendaftaran Sema UPNVJ 2019 dibuka pada 12 – 21 Juli 2019 dan dilakukan secara online dengan mengakses langsung ke https://pendaftaran.upnvj.ac.id/.

Mengenai ketentuan, tata cara pendaftaran, dan biaya pendidikan, bisa diketahui informasi lengkapnya di https://penmaru.upnvj.ac.id.(bws/fey)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION