portaltiga.com
Umum

Warga Surabaya Masih Kurang Sadar Lingkungan

Portaltiga.com – Warga Kota Surabaya dinilai masih kurang sadar terhadap lingkungan. hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya sampah yang tersangkut di 57 screen rumah pompa yang ada di Surabaya.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau mengatakan Agus Hebi mengatakan, dalam sehari sebanyak 20 ton sampah didapat dari screen rumah pompa. sampah yang ditemukan bermacam-macam mulai dari yang paling banyak popok bayi hingga kasur dan sofa.

“Ini artinya masyarakat kota Surabaya masih tidak sadar membuang sampah di sungai. Ketimpangan ini seharusnya disadarkan setiap hari. Kalau Pemkot saja tidak mampu untuk cerewet soal sampah sebesar kota Surabaya. Tapi warga juga harus ikut mengawasi,” kata Hebi.

Namun di satu sisi, kata dia, warga Kota Surabaya aktif luar biasa menggelar kegiatan kerja bakti setiap minggu. Setiap kali kerja bakti bisa menghasilkan banyak sampah antara 20-30 rit.

“Kami punya 200 armada truk, jadi kalau warga ingin kerja bakti hanya cukup beritahu jam dan nanti sampahnya kami yang angkut. Namun di musim hujan seperti ini sangat menambah beban petugas DKRTH karena pasti banyak yang membuang sampah di sungai khususnya malam hari,” ujar dia.

Kata Hebi, secara rutin tim Yustisi selalu bekerja siang-malam untuk menangkap pelaku pembuang sampah sembarangan. Tim yang terdiri dari enam orang tersebut selalu menangkap orang karena membuang sampah sembarangan setiap harinya.

Hukuman diproses di pengadilan dan pemblokiran KTP pelaku menjadi hukuman yang akan dijatuhkan kepada pembuang sampah sembarangan.

“Kami sudah kerjasama dengan Dispenduk terkait ini,” katanya.

Hebi mengakui, terkait kebiasaan buang sampah sembarangan memang cukup sulit karena kebiasaan dari kecil. “Merubah kebiasaan itu sulit dan perlu waktu pembelajaran serta sanksi hukum. Kesadaran buang sampah warga kota Surabaya sudah meningkat sekarang, tapi justruk yang sering tertangkap warga pendatang,” ujarnya. (ssn/tea)

Related posts

Jalan Raya Gubeng Ambles, Ini Pengalihan Arus Lalu Lintasnya

admin

Jalan-Jalan Plus Ibadah, Ini 6 Masjid Mall Surabaya

admin

Jalan Tunjungan Suguhkan 100 Angkringan untuk Warga Surabaya

admin