UMK dan UMP di Jatim Naik 8,1 Persen

Portaltiga.com – Pemprov Jatim mengikuti peraturan pemerintah (PP) nomor 78 tahun 2015 tentang Pengaturan Upah. Dari aturan tersebut ditetapkan angka kenaikannya 8,71 persen.

Kalua dihitung jumlahnya, upah minimum kota (UMK) di ring 1 (Surabaya, Sidoarjo dan Gresik) dari sebelumnya Rp 3,2 juta menjadi Rp 3,5 juta. “Ada kenaikan 8,71 persen. Sebagaimana peraturan menteri untuk kenaikan UMK,” ujar Gubernur Jatim Soekarwo saat ditemui di Gedung Negara Grahadi Suraaya, Rabu (1/10/2017).

Namun, lanjutnya, hingga sekarang belum ada usulan dari pemerintah kabupaten/kota soal UMK yang masuk kepadanya. Kalau nantinya pengajuan sesuai peraturan pemerintah mengenai besaran kenaikannya. Maka gubernur kelahiran Madiun tersebut mengakui bakal menyetujinya. “Nanti kami lihat seperti apa, kalau UMK-nya peraturan menteri (permen). Oke lah,” tuturnya.

Hingga saat ini, kabupaten dan kota masih membahas bersama dewan pengupahan setempat. Apakah nantinya menggunakan formula lain ataukah sesuai dengan PP 78 tahun 2015. Sesuai jadwal UMK ini harusnya sudah ditetapkan pada 21 November mendatang.

Sementara itu, untuk upah minimun provinsi (UMP) sudah ditetapkan melalui Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 69 tahun 2017. Yakni sesuai dengan ketentuan dalam PP 78 tahun 2015, yaitu naik sebesar 8,71 persen. Dari sebelumnya Rp 1,3 juta menjadi Rp 1,5 juta. Acuan dari UMP ini diambil dari jumlah upah kabupaten/kota terkecil.

“Hasil survei terhadap kebutuhan. Jadi besaran UMP itu kami syaratkan yang survei BPS. Kemudian Apindo dan pekerja survei sendiri-sendiri. Tapi acuan kami tetap BPS,” bebernya.

Guna melakukan penyesuaian tersebut, Pakde Karwo telah memerintahkan kepada keempat daerah seperti Pacitan, Magetan, Trenggalek dan Sampang untuk mengikuti melakukan kenaikan upah minimum di wilayahnya. “Menurut saya harus tambah. Supaya tidak terlalu jauh jaraknya,” ungkapnya. Jarak yang dimaksud adalah dengan ring 1 dimana saat ini telah mencapai Rp 3 juta lebih. (abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »