Tingkatkan Kesehatan Ibu-Anak, Ini Solusi Nutrisi Makmur ala Gus Ipul-Puti

Portaltiga.com – Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memaparkan program “Nutrisi Makmur” saat bertemu dengan ribuan perempuan di Banyuwangi, Rabu (30/5). Dalam kunjungan di sejumlah titik di Banyuwangi, Rabu (30/5/2018), Gus Ipul menyatakan, kesehatan ibu dan anak menjadi fokus yang bakal diprioritaskan.

“Nutrisi Makmur adalah program pendampingan ibu hamil hingga bersalin, sampai bayi lahir dan tumbuh kembangnya kita pastikan berjalan baik,” ujar Gus Ipul yang didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Program tersebut menyempurnakan apa yang sudah berjalan selama ini. “Jadi didampingi, ada petugas khusus. Kami mengonsolidasikan seluruh pemangku kepentingan, mulai Puskesmas, kader kesehatan, kampus-kampus dengan jurusan yang relevan untuk mendampingi ibu hamil. Kita siapkan anggarannya,” katanya.

Menurutnya, ada nutrisi gratis ibu hamil dan bayi. Ibu hamil didampingi sejak awal masa kehamilan hingga bayi lahir dan tumbuh. Mulai dari asupan nutrisi ibu saat hamil, pemeriksaan rutin ibu hamil, sampai dengan monitoring asupan ASI eksklusif pada bayi, semua didampingi.

“Balita pun diberi asupan makanan tambahan untuk antisipasi gizi buruk. Ada Kartu Nutrisi Makmur, tidak boleh ibu hamil dan bayi-bayi di Jawa Timur kesulitan mengakses makanan bergizi,” paparnya.

Bersama Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno, Gus Ipul menyiapkan pendampingan layanan pranikah dengan melibatkan berbagai institusi dan komponen, terutama berfokus pada peningkatan derajat kesehatan calon pengantin perempuan (CPP). Dengan memperbaiki derajat kesehatan CPP, diharapkan derajat kesehatan ibu pada masa sebelum hamil (masa prakonsepsi) akan terjaga sehingga dapat melahirkan dengan sehat.

Untuk mewujudkannya, Gus Ipul bakal memperkuat pelibatan ahli kesehatan masyarakat di tiap desa/kelurahan. Selain dengan tenaga yang ada saat ini, Pemprov Jatim ke depan bekerja sama dengan kampus-kampus untuk menugaskan mahasiswanya ke desa-desa guna mendukung upaya promotif dan preventif kesehatan.

“Ada perjanjian khusus/MoU dengan kampus-kampus, tentu disiapkan alokasi dananya oleh Pemerintah Provinsi Jatim,” ujar Gus Ipul.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menambahkan, program Gus Ipul-Puti sangat bermanfaat bagi masyarakat. Gus Ipul-Puti juga menyediakan skema khusus jemput bola untuk merawat warga miskin yang sakit, mengirim ribuan dokter ke desa-desa serta daerah yang susah dijangkau seperti kepulauan di Madura.

Karena itu, dia mengajak masyarakat Banyuwangi untuk mencoblos Gus Ipul-Puti. Dengan memilih Gus Ipul-Puti akan semakin meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Apalagi Gus Ipul dan Mbak Puti sudah menyiapkan sistem pelaporan online dari masyarakat kepada petugas kesehatan terhadap kasus kesehatan masyarakat di lingkungannya.

“Jadi nanti pelayanan kesehatan pasti oke. Maka saya merekomendasikan, tidak usah ragu, coblos nomor 2, Gus Ipul-Mbak Puti 27 Juni mendatang,” ujar Anas yang sedang cuti untuk berkampanye. (bmw/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION