SD Muhammadiyah 4 Surabaya Juara Umum Nasional WIRC 2017

Portaltiga.com – Tim Robotika SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya kembali mengukir prestasi. Mereka menjadi juara umum nasional kompetisi Wonderfull Indonesian Robotic Competition (WIRC) yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Bandung.

“Alhamdulillah kami berhasil meraih juara umum setelah mengumpulkan 3 emas, 4 perak, dan 3 perunggu,” kata Penanggung Jawab Robotika SD Muhammadiyah 4 Surabaya Endik Setiawan, Senin (23/10/2017).

Diterangkan, lomba ini berlangsung 3 hari, dari tanggal 13-15 Oktober 2017. Mempertandingkan beberapa kategori, seperti lomba maze solving (robot dengan program mengikuti garis), kemudian lomba fire fighting (robot line tracer dan bisa mematikan api lilin) serta gathering (robot yang dapat membawa objek kemudian diletakan di posisi yang sudah ditentukan).

“Selain itu juga ada lomba drone racing (balapan drone) dan rescue yang relatif sama seperti gathering, namun untuk rescue hanya mengambil objek bola kemudian diletakan di sebuah kotak,” terangnya.

Endik juga menambahkan bahwa dalam kompetisi kali ini, ada 14 perwakilan dari SD Muhammadiyah 4 yang berkompetisi dengan 300 peserta lainnya, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Bali, Sumatera, dan lain-lain.

“Kami tentu bangga karena dari 14 siswa yang kami bawa, 13 diantaranya berhasil menyabet juara,” terang Endik.

Tak lupa Endik berterima kasih pada para orang tua siswa yang memberikan dukungan penuh pada anak-anaknya untuk berkompetisi di ajang WIRC ini. “Untuk mengikuti lomba sepperti ini perlu biaya akomodasi pribadi yang disediakan oleh masing-masing orang tua siswa. Sebab sekolah hanya menanggung akomodasi pelatihnya saja,” terangnya.

Dari 13 siswa yang menyabet juara,masih menurut Endik, beberapa siswa yang menyabet 2 juara sekaligus diantaranya adalah Fadhillah Ginting (11), Reyhan Nino (11), dan M. Fairuz (10).

“Dua medali emas dari lomba maze solving dan gathering disumbangkan Fadhillah. Sementara Nino mendapatkan medali perak pada lomba maze solving dan medali perunggu pada lomba fire fighting. Sedangkan Fairuz mendapatkan medali perunggu pada lomba maze solving dan medali perak pada lomba gathering,” terang Endik. (doy/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION