portaltiga.com
Umum

RT/RW Dituntut Beri Data Covid-19, Fatkur Mìnta Feedback Pemkot Diperbaiki

Portaltiga.com – Salah satu isu yang mengemuka dalam Diskusi dengan tema terkait Peningkatan Pelayanan Lingkup Kesejahteraan Rakyat, Senin (06/09/2021), antara komisi A dan Bappeko yang dihadiri langsung oleh Plt Kepala Bappeko Surabaya, Febrina Kusumawati, adalah makin banyaknya tugas RT dan RW dalam hal pendataan yang terkait dengan dampak pandemi Covid-19.

Terungkap banyak keluhan dari bapak atau ibu RT dan RW terkait tugas pendataan, di satu sisi mereka bersyukur adanya kenaikan honorarium bulanan RT dan RW namun disatu sisi tetap saya ada problem Data yang tidak sama antara yang disetor dan direalisasikan.

Fatkur Rohman, Anggota Komisi A memberikan pandangannya bahwa munculnya Aplikasi yang bisa diakses RW terkait pendataan adalah terobosan bagus dan penggunaan teknologi semestinya menjadikan proses bisa lebih efektif dan efisien.

“IT semestinya membuat proses lebih mudah, makanya harus imbang. Tidak hanya didorong pak RW report pendataan tapi semestinya, dengan teknologi, harus ada sistem otomatis terkait feedback balik dari pemkot terkait data yang disetor, disinilah kaidah transparansi diwujudkan,” papar Fatkur, wakil ketua Fraksi PKS.

Menurut Fatkur, ketika warga dalam hal ini pak RW melaporkan sebuah data maka seyogyanya, sebagaimana pengurusan layanan publik yang lain, harus ada kepastian Feedback dari pemerintah kota apakah data itu diterima atau ditolak dan harus ada keterangan kenapanya.

“Semisal ada yang sudah masuk PKH, ya otomatis tidak bisa tapi harus ada feedback cepat, misal ada sistem bahwa 2×24 jam pasca laporan, otomatis ada feedback, dengan IT sangat bisa, jadi warga juga teredukasi, jangan sampai bulan berikutnya tiba-tiba ada info tidak cair bansos nya dan rame,” tambah fatkur.

Ferbrina Kusumawati yang biasa dipanggil bu Febri sangat senang mendapatkan masukan dan secara umum menyepakati adanya usulan Feedback System ini.

“Terima kasih pak Fatkur atas masukan terkait Feedback, ini menjadi catatan kami dan akan segera kita koordinasikan dan bisa diimplementasikan sebagai bentuk peningkatan layanan kita kepada warga,” jelas Bu Febri. (tea/tea)

Related posts

Gara-Gara Mobil PCR, Dewan Surabaya Kritik Pemprov

admin

Surabaya Kembali Raih Penghargaan Top 99 Sinovik 2018

admin

Peringati Hardiknas, Risma Ajak Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat

admin