Polltrend: Elektabilitas Gus Ipul Masih Tertinggi

Portaltiga.com – Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim, nama Saifullah Yusuf makin berkibar. Survei Polltren menunjukkan, Wakil Gubernur Jatim tersebut, masih bertahan di peringkat atas dari sejumlah kandidat bakal calon gubernur Jatim 2018.

Dalam survei itu, Gus Ipul-sapaan akrabnya, mengantongi elektabilitas sebesar 72,1%. Disusul Khofifah Indar Parawansa sebesar 16,4% dan Halim Iskandar 3,3%. Sedangkan Abdullah Azwar Anas, Hasan Aminuddin, Imam Nahrawi, Soepriyatno dan Tri Rismaharini masing-masing meraih elektabilitas 1,6%.
Survei Polltrend ini berisi responden 61 kiai yang terdiri atas kiai politik, kiai panggung, kiai pesantren dan kiai tarekat.

Ada empat daerah yang menjadi lokasi survei, yakni kawasan Mataraman, Arekan, Pendalungan dan Madura.
“Dari survei yang menunjukkan elektabilitas Saifullah Yusuf 72,1% menandakan, bahwa kiai meyakini wakil gubernur Jatim memiliki kepemimpinan yang baik,” kata Direktur Eksekutif Polltrend, Khoirul Yahya usai diskusi terbuka dan rilis survei, menakar suara kiai Jatim dalam Pilkada Jatim 2018, Rabu (30/8/2017).

Responden kiai dipilih berdasarkan tipologi geografis dan karakteristik jenis kiai. Misalnya di Surabaya. Penentuan kandidat calon gubernur (cagub) Jatim adalah mereka yang masuk sebagai publik opinion maker.

Kemudian masuk dalam pemberitaan sebagai cagub di partai politik. Untuk pendalaman, dilakukan focus group discussion (FGD) untuk menganalisis lebih jauh nama-nama yang terseleksi. “Kami mensurvei kiai karena mereka sangat mempengaruhi apa yang nanti akan dipilih masyarakat dalam Pilkada Jatim,” ucapnya.

Dosen Sosiologi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Novri Susan menambahkan, secara keseluruhan survei ini menunjukkan kiai memiliki pandangan tentang figur politik.

Menurutnya, banyak yang dimiliki kiai. Diantaranya, kiai mampu menciptakan pandangan tentang kebenaran di masyarakat.

Kiai juga bisa mengubah pandangan masyarakat tentang sosok pemimpin yang cocok di masyarakat. “Jadi, ketika survei ini kiai mengunggulkan Gus Ipul, sepertinya di Pilkada Jatim nanti kiai juga banyak yang mendukung beliau,” ujarnya. (bmw/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION