PKS Isyaratkan Dukung Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018

Portaltiga.com – Rencana pembentukan Poros Emas di Pilkada Jatim 2018, dipastikan kandas. Pasalnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), salah satu partai pendukung Poros Emas memberi isyarat memilih dukungan kepada bakal calon gubernur (bacagub) Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf.

Poros Emas berisi tiga partai. Selain PKS, yaitu Partai Gerindra Partai Amanat Nasional (PAN). Poros Emas dibentuk dengan tujuan mengusung calon sendiri di Pilgub Jatim, 27 Juni 2018.

“PKS akan mendukung calon yang sering intens berkomunikasi dengan PKS. Yang intens berkomunikasi dengan PKS hanya Gus Ipul,” kata Ketua Umum DPW PKS Jatim Arif Hari Setiawan kepada wartawan di kantor DPW PKS Jatim, Selasa (9/1/2018).

Selama ini, diakui, pihaknya intens berkomunikasi dengan wakil gubernur (wagub) Jatim tersebut. Bahkan komunikasi itu dibangun sebelum Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf resmi diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Gus Ipul juga sering berkunjung ke kantor DPW PKS yang ada di Jalan Gayungsari. Bahkan, tadi pagi sekitar pukul 10.00 WIB Gus Ipul juga datang ke kantor DPW (PKS) setelah dari Jakarta. Pertemuan itu membicarakan terkait dinamika Pilgub Jatim,” ujarnya.

Selain intens berkomunikasi dengan PKS, menurutnya, calon tersebut juga berkomitmen untuk membantu PKS dalam sejumlah Pilkada di Jatim. Sedangkan, Khofifah sangat minim menjalin komunikasi dengan partai yang memiliki 6 kursi di DPRD Jatim itu.

“Kami tidak peduli siapapun wakilnya, baik itu laki-laki atau perempuan sama saja. Kalau hubungan kami kan dengan cagub bukan cawagub. Kami memilih calon kan tidak untuk kalah, tapi tentu yang memiliki peluang besar untuk menang,” paparnya.

Meski demikian, DPW PKS Jatim masih belum secara tegas pasangan mana yang akan didukung karena menunggu arahan dari DPP PKS. Di sisi lain, PAN sudah mengarahkan dukungannya ke pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. (bmw/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION