portaltiga.com
Kabar Kita

Pemkab Mojokerto Gelar Grand Final Puteri Cokelat 

Portaltiga.com – Salah satu Rangkaian Majafest 2021 Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur yaitu malam Grand Final Puteri Cokelat Kabupaten Mojokerto. Acara ini diadakan di Wisata Desa Bumi Mulya Jati (BMJ), Desa Randugenengan, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto pada hari Ahad, (7/11/2021).

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menyampaikan bahwa Majafest 2021 merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat Kabupaten Mojokerto.

“Kita semuanya terdampak, akibat pandemi Covid-19. Kita bersyukur bahwa saat ini Kabupaten Mojokerto sudah ada pada PPKM Level 2. Dan itu diikuti dengan kelonggaran-kelonggaran sehingga masyarakat Kabupaten Mojokerto terutama para pegiat pariwisata di Kabupaten Mojokerto, bisa bersyukur dan bernafas lega. Karena sudah diperkenankan dibuka tempat wisatanya meskipun dengan berbagai ketentuan terkait dengan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Bupati mengatakan, bahwa potensi kakao dan coklat merupakan komoditi yang menarik perhatian dunia. Di Kabupaten Mojokerto sendiri memiliki potensi itu.

“Kopi dan kakao merupakan komoditi yang  menarik perhatian dari seluruh penjuru dunia. Dan ternyata Kabupaten Mojokerto punya potensi yang sangat luar biasa. Kabupaten Mojokerto memiliki kakao dan kopi yang spesifik. Tentu ini bisa menjadi daya tarik,” ujarnya.

“Bagaimana untuk membawa kopi dan kakao sebagai oleh-oleh yang, tentunya ini nanti membawa dampak ekonomi yang sangat baik bagi para petani kopi dan kakao di Kabupaten Mojokerto,” sambungnya.

Bupati menambahan, Puteri Cokelat Kabupaten Mojokerto diharapkan menjadi sosok representatif dari kekayaan hasil perkebunan. Dimana menurut data tahun 2020, CEO Wisata Desa, Bumi Mulyo Jati (BMJ), Mulyono memfasilitasi 1.337 petani kakao se-Kabupaten Mojokerto, yang tergabung dalam 21 poktan. Mereka mengelola 447 ha kebun kakao dan ada 1.300 ha yang mulai tanam. Tiap hari, petani mampu menghasilkan produk 3 kuintal kakao.

“Puteri Cokelat yang tentunya ini baru kali ini dilaksanakan di Kabupaten Mojokerto. Ini bagaimana para Puteri Cokelat ini nanti akan menjadi duta, yang akan memberikan informasi terkait kekhasan cokelat di Kabupaten Mojokerto,” ungkap Bupati.

Adapun Pemenang Puteri Cokelat Kabupaten Mojokerto:
1. Maevelina Dewi Haliman
2. Claudya Cantika Indira Putri
3. Ida Ayu Lestari.

Selain Pemilihan Puteri Cokelat malam tadi juga di adakan Grand Final Pemilihan Duta Batik Kabupaten Mojokerto.

“Adapun pemilihan Duta Batik ini juga menjadi ikhtiar Pemerintah Daerah untuk mengenalkan batik khas Mojokerto. Terlebih lagi Batik sendiri menjadi salah warisan kebudayaan dunia yang diakui UNESCO.”

“Tentunya para duta batik ini nanti, akan bisa betul-betul berperan sebagai duta batik Kabupaten Mojokerto. Yang akan bisa memberikan informasi kekhasan batik Kabupaten Mojokerto,” kata Bupati.

Berikut ini adalah Pemenang Duta Batik Putra :
1. Mukhamad Hanif Sultony
2. Vauzan Husaini
3. Riyan Fahmi Syihqbuddin

Duta Batik Putri:
1. Alina Rusyda Hariadi
2. Dwinda Audia
3. Grace Efelin

Majafest 2021 yang di gagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melalui Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disparpora) terdapat beberapa Event ini terdiri dari berbagai macam acara, mulai dari Jelajah Wisata Kab.Mojokerto, Fashion Show On the Sunset, Kompetisi Kopi,  Pemilihan Puteri Cokelat dan Duta Batik Kab.Mojokerto, serta Awarding Night. Seluruh rangkaian acara tersebut telah  dimulai sejak 28 Oktober 2021 hingga 10 November 2021 dan tentunya akan disesuaikan dengan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) di Kabupaten Mojokerto. (dadang/abi)