portaltiga.com
Headline Umum

Mahasiswa Untag Bantu Pulihkan Ekonomi Masyarakat Akibat Pandemi

Portaltiga.com – Pandemi Covid-19 yang menimpa Indonesia, membuat kondisi ekonomi masyarakat menjadi semakin terpuruk. Perlu ada terobosan untuk membangkitkan gairah ekonomi masyarakat di tingkat bawah.

Seperti yang dilakukan mahasiswa Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya bernama Ardi Setiawan. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Sastra Inggris ini membantu masyarakat daerah sekitar rumahnya di Kampung Randu Agung Permai, Sidotopo, Surabaya dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat.

Melalui pelatihan membuat lumpia, ia menggagas konsep agar masyarakat di daerah tempat tinggalnya memiliki usaha guna memperbaiki ekonomi keluarga yang sempat terpuruk akibat adanya pandemi.

“Karena lumpia itu jajanan yang banyak orang tahu, dan kita bisa isi dengan hal lain sehingga punya cita rasanya sendiri,” jelas mahasiswa program non reguler Untag ini.

Ardi melihat, masyarakat di sekitar tempat tinggalnya sangat terdampak adanya pandemi Covid-19. Berkurangnya pendapatan masyarakat, hingga banyak terjadi pemutusan hubungan kerja menjadi alasan kuat Ardi untuk memberikan sumbangsih pemikirannya.

Tak hanya membantu untuk membuat lumpia, Ardi juga membantu untuk pengemasan agar terlihat menarik dari segi desain kemasan agar dapat bertahan mesti tanpa pengawet.

Ardi juga mengedukasi ibu-ibu PKK yang jadi target utamanya agar melek media sosial. Caranya adalah menjadikan media sosial sebagai lapak online dalam memasarkan produk lumpia.

“Awalnya ibu-ibu itu kan cuma tahu instagram itu cuma buat update status, upload foto, terus saya kasih tau kalau instagram juga bisa buat memasarkan produk jualan, kata mahasiswa angkatan 2016 ini.

Setidaknya ada 12 orang ibu-ibu PKK yang antusias mengikuti pelatihannya. Ia berharap dengan pelatihan ini masyarakat memiliki peluang usaha dalam membantu meningkatkan ekonomi keluarga.

“Nanti ibu-ibu bisa aplikasikan sendiri di rumah masing-masing dan mencoba peluang usahanya dari lumpia ini,” pungkasnya. (tea/tea)

Related posts

Prihatin Dengan Kondisi Tuna Netra, Mahasiswa UNTAG Ciptakan Tongkat Pendeteksi Halangan Bertenaga Matahari

admin

Sambut Piala Dunia, Pemkot Surabaya Siapkan Relawan Penerjemah Dan Promosikan Lumpia

admin

Laksanakan KKN, Mahasiswa UNTAG Ini Jadi Relawan Covid Dan Beri Bantuan Sembako

admin