portaltiga.com
Ekbis

Layanan Voice Dan Video Superior XL Di Ujicobakan Secara Live Di Surabaya

 

Portaltiga.com: Ekosistem 4G LTE dari PT XL Axiata, Tbk (XL) semakin lengkap dengan kesiapan layanan VoLTE (Voice Over LTE) dan RCS (Rich Communication Suite). XL menggelar kedua layanan komunikasi yang inovatif tersebut di Surabaya dan Denpasar. Ini sekaligus merupakan ujicoba yang pertama kali di Indonesia yang dilakukan di luar ruangan dan secara live, bukan hanya dalam laboratorium.

Vice Presiden XL East Region, Desy Sari Dewi mengatakan, ujicoba yang kami lakukan ini didasari pertimbangan keinginan kami untuk mampu memberikan layanan panggilan voice dan video yang superior kepada pelanggan.

“VoLTE sendiri merupakan layanan inovatif untuk voice sebagai hasil dari pengembangan 4G LTE. Sangat perlu bagi XL untuk juga menghadirkan layanan VoLTE ini seiring upaya kami untuk terus melengkapi ekosistem layanan XL 4G LTE. Kami terus berusaha menjadi yang terdepan dalam layanan 4G LTE.”ujarnya kepada wartawan di Graha XL-Surabaya, Jumat (05/02/16).

Ia menjelaskan, XL benar-benar telah menyiapkannya secara seksama melalui ujicoba yang terus menerus untuk memastikan kualitasnya. Hasilnya sangat baik, dan akan terus dikembangkan untuk penambahan fitur-fitur lainnya. Jadi pada dasarnya jika sewaktu-waktu akan diluncurkan, XL sudah siap. Kami juga mengupayakan kesiapan dari sisi handset di market yang memiliki fitur untuk menggunakan VoLTE.

Manfaat yang ditawarkan oleh VoLTE dibandingkan layanan voice lainnya yang ada pada saat ini antara lain adalah kualitas suara yang sangat jernih “HD voice”, hemat daya baterai ponsel, juga talktime menggunakan VoLTE lebih lama sekitar 1.5 kali dibandingkan aplikasi VoIP yang lainnya. Secara teknis, pada VoLTE, call set-up juga sangat singkat yang hanya perlu 1-2 detik. Sementara itu, pada umumnya layanan nelpon lainnya rata-rata membutuhkan 5-6 detik.

Dari sisi operator, tambah Desy, jika dibandingkan dengan UMTS/GSM, maka VoLTE memungkinan operator untuk lebih efisien dalam menggunakan alokasi pita frekuensi yang dimiliki. Dengan demikian, operator bisa melayani lebih banyak pelanggan hingga 2 kali untuk voice call/MHz dibandingkan CS call. Dengan menggunakan VoLTE, pelanggan yang melakukan/menerima layanan telpon juga akan tetap di jaringan LTE, tanpa perlu melakukan “fall back” atau pindah ke jaringan UMTS/GSM terlebih dahulu.

Apabila saat pelanggan melakukan panggilan di jaringan LTE (VoLTE) dan kemudian moving/pindah ke area yang belum mendapatkan jaringan LTE, VoLTE juga memungkinkan pelanggan untuk berpindah dari LTE ke non-LTE atau pun sebaliknya, tanpa terputus. Teknologi VoLTE ini sangat dibutuhkan ke depannya, terutama jika jaringan LTE sudah semakin meluas dan merata.

“XL percaya, di masa mendatang pelanggan akan sangat tertarik menggunakan VoLTE dibandingkan aplikasi VoIP yang sudah ada. Semua operator yang sudah menggelar LTE, dan terus memperluas jaringan LTE-nya, ke depannya juga akan beralih ke VoLTE untuk layanan voice-nya, karena bagaimanapun juga, voice merupakan layanan yang tidak mungkin di tinggalkan.”ungkapnya. (TrishnO).