Kokohkan Dukung Gus Ipul-Puti, Santika PKS Jatim Gelar Pelatihan Perempuan Siaga

Portaltiga.com – Barisan Putri Keadilan (Santika) PKS Jatim menyelenggarakan Pelatihan Perempuan Siaga (Latansa) pada Ahad, 15 April 2018 di Bumi Perkemahan Coban Rondo, Kabupaten Malang. Kegiatan ini diikuti sekitar 1.344 peserta dari seluruh Jawa Timur (Jatim).

Ribuan peserta tersebut, berdatangan sejak Sabtu 14 April. Sebagian peserta menginap di tenda-tenda yang ada di perkemahan.

“Santika adalah anggota perempuan PKS yang dilatih untuk dapat berpartisipasi dalam setiap agenda partai. Terutama agenda-agenda yang menuntut mobilisasi seperti Pilgub kali ini,” kata Immah, Ketua Santika PKS Jatim.

Secara rutin, Santika menggelar Pelatihan Perempuan Siaga (Latansa) yang bertujuan menjaga kebugaran dan kesiagaan Perempuan PKS. Kali ini, Latansa digelat bertepatan dengan momentum Hari Kartini.

“Karena itu kita mengambil tema Dengan Semangat Kartini, Perempuan PKS Siap Membangun Negeri,” imbuh Perempuan lulusan National Taiwan University of Science and Technology ini.

Peserta terlihat antusias mengikuti berbagai aktivitas. Termasuk peserta paling senior berusia 59 tahun dari Lumajang dan beberapa peserta berusia 19 tahun dari Surabaya dan Malang.

Seluruh rangkaian diikuti. Mulai dari Senam Nusantara, Pelatihan gawat darurat dalam rumah, simulasi penanganan kebakaran, beladiri taktis, team building, dan wawasan bela negara.

Kegiatan Latansa ini, menurut Lilik Hendarwati, Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPW PKS Jatim, juga dilakukan agenda konsolidasi pemenangan Gus Ipul-Puti di Pilkada Jatim yang digelat 27 Juni 2018 mendatang.

“Rekan-rekan pulang membawa Bahan Kampanye untuk dibagikan kepada masyarakat di daerah masing-masing. Selain mendulang suara, Latansa juga menyiapkan kader perempuan untuk bisa mengamankan suara Gus Ipul-Puti di TPS-TPS,” ujar Lilik.

Dalam upacara pembukaan, nampak dilakukan koreografi dukungan Santika untuk Gua Ipul-Puti oleh peserta berupa barisan yang membentuk gambar Baliho Gus-Ipul-Puti Nomor 2 bertuliskan “Kabeh Sedulur Kabeh Makmur”

Selain itu, peserta secara kolosal juga melakukan Senam Kabeh Sedulur dipimpin oleh instruktur Senam dari Santika. “Ini gerakannya dibuat oleh Santika, sedang lagunya memakai lagu Kabeh Sedulur,” jelas perempuan lulusan ITS ini.

Arif HS, Ketua Umum DPW PKS Jatim, turut hadir membuka dan menyaksikan kegiatan ini. Dalam sambutannya, Arif menyampaikan pesan pentingnya menjaga ketahanan keluarga di tengah-tengah berbagai agenda perjuangan partai.

“Kader PKS harus solid. Termasuk solid dalam rumah tangganya. Insya Allah soliditas ini akan berbuah keberkahan dan kemenangan,” tandasnya. (bmw/abi)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION