Karnaval Hari Santri Purbalingga, Arak Replika Al-quran Raksasa

Portaltiga.com – Peringatan Hari Santri di Purbalingga, Jawa Tengah mendadak heboh, lantaran dalam karnaval yang digelar di pusat kota, para santri Madin/TPQ Al Huda, Desa Tlahab Kidul, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah menampilkan Replika Al-quran raksasa.

Mereka mengarak replika Alquran raksasa berukuran 3×4 meter. Sontak saja, masyarakat yang menyaksikan karnaval, para peserta, bahkan para pejabat berebut foto di depan Al-quran raksasa, Minggu (22/10/2017).

Replika itu telah disiapkan jauh-jauh hari sebelum karnaval dimulai. Para santri Al Huda menggarapnya selama 15 hari dengan pengerjaan secara manual. Bahan yang dipakai pun sederhana, yaitu bambu untuk kerangka, cat, dan kain banner.

“Tahu mau karnaval, anak-anak itu antusias benar menyambutnya. Jadilah dibuat replika Alquran raksasa, digarap setiap selesai mengaji,” kata Kepala Desa Tlahab Kidul, Warjono.

Tidak semua mushaf dituliskan pada replika tersebut. Hanya surat ke 36 Alquran, yakni Surat Yasin yang ditorehkan dengan indah di permukaan kain banner.

“Kenapa surat Yasin? Pertama, karena itu kan di pajang, jadinya diambil surat yang di tengah yaitu di juz 23. Kedua, karena warga NU itu setiap mengadakan kegiatan atau pengajian-pengajian, pasti membaca surat Yasin dulu,” ujarnya. (lnc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »