Internasionalkan Bahasa Indonesia, BBJT Bina Jejaring BIPA

Portaltiga.com – Dalam rangka menginternasionalkan Bahasa Indonesia, Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT) menyelenggarakan kegiatan pembinaan jejaring BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) di Hotel Alana Surabaya, tanggal 10–12 April 2019. Tema kegiatannya adalah “Penguatan Rekognisi BIPA dan Ke-BIPA-an Jawa Timur dalam Mendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia”.

Acara tersebut tidak hanya melibatkan APPBIPA (Afiliasi Pengajar dan Pegiat BIPA) Jawa Timur dan penyelenggara BIPA, tetapi juga instansi lain yang dipandang sebagai pemangku kepentingan yang akan menjadi calon mitra strategis seperti Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, dan perwakilan asing di Kota Surabaya.

“Tahun 2019, Balai Bahasa Jawa Timur mendapatkan tugas baru yang belum pernah diemban sebelumnya, yakni menyelenggarakan fasilitasi pengajaran BIPA, ” tegas kepala Balai Bahasa Jawa Timur, Drs. Mustakim, M.Hum, Kamis (11/4/2019).

“Sehubungan dengan tugas tersebut, Balai Bahasa Jawa Timur menghimpun masukan dari para pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan BIPA di Jawa Timur. Masukan yang dibutuhkan terkait pembukaan kelas BIPA oleh Balai Bahasa Jawa Timur tidak hanya berkaitan dengan teknis penyelenggaraan kelas, tetapi juga posisi filosofis, strategis, dan pragmatis Balai Bahasa Jawa Timur dalam dunia ke-BIPA-an di Jawa Timur terkait dengan penyelenggaraan kelas BIPA oleh Balai Bahasa Jawa Timur, ” papar Mustakim.

Acara fasilitasi penguatan jejaring BIPA di Jawa Timur sudah diawali pada tahun 2016, saat APPBIPA Jawa Timur baru dibentuk. Tahun 2017, Balai Bahasa Jawa Timur kembali menyelenggarakan pertemuan dengan para pengajar dan pegiat BIPA di Jawa Timur yang tergabung dalam APPBIPA Jawa Timur untuk membahas peranan penting asosiasi dalam menumbuhkan semangat kebangsaan sebagai sarana pendidikan karakter.

Untuk semakin memperkuat jejaring BIPA di Jawa Timur dan sekaligus berperan aktif dalam menindaklanjuti rekomendasi Kongres Bahasa Indonesia XI, Balai Bahasa Jawa Timur pada 2018 mengadakan kegiatan pembinaan jejaring BIPA lagi.

“Kegiatan pembinaan jejaring BIPA yang diselenggarakan Balai Bahasa Jawa Timur sejak tahun 2016–2018 menunjukkan sebuah kolaborasi dan sinergi yang harmonis antara Balai Bahasa Jawa Timur dan APPBIPA Jawa Timur,” tegas Dr. Arif Budi Wurianto, ketua APPBIPA Jawa Timur.

Pertemuan jejaring BIPA kali ini diikuti 30 peserta, meliputi perwakilan Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan, Balai Bahasa Jawa Timur, APPBIPA Jawa Timur, Peguruan tinggi, dan perwakilan dari pemerintah daerah Jawa Timur. Bentuk kegiatannya adalah sarasehan dan kelompok diskusi terpumpun.

“Dalam kegiatan pembinaan jejaring BIPA ini, diharapkan tersusun sebuah rekomendasi bagi Balai Bahasa Jawa Timur dalam rangka penguatan penguatan program BIPA dan aktivitas ke-BIPA-an di Balai Bahasa Jawa Timur,” tutur ketua panitia, Hero Patrianto, M.A.

Narasumber kegiatan tersebut yaitu Prof. Emi Emilia, Ph.D. Kepala PPSDK (Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan), Drs. Mustakim, M.Hum, Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, Dr. Arif Budi Wurianto (Ketua APPBIPA Jawa Timur) dan Dr. Gatut Susanto (pegiat BIPA dari Universitas Negeri Malang). Selain itu, perwakilan Disnaker Prov. Jatim, perwakilan Disbudpar Prov. Jatim, perwakilan Dinas Pendidikan Prov. Jatim, perwakilan negara asing di Surabaya.

“Kegiatan ini menarik sebagai ajang saling bertukar informasi dan pengalaman di antara para pegiat dan pengajar BIPA, karena untuk menekuni BIPA itu perlu ketekunan, kesabaran, dan konsisten. Diperlukan pula kesadaran kebahasaan, kebudayaan, dan kebangsaan,” tutur Dr. Gatut Susanto. (abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION