Ingin Iklim Pengadaan Barang dan Jasa Kondusif? Ikuti Seminar Ini

07/12/2017
83 Views

Portaltiga.com – Akademisi Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya bekerja sama dengan ikatan alumni FH Unair dan advokat alumni FH Unair Surabaya akan menggelar seminar nasional.

Seminar itu bertema Membangun Sistem Hukum Pengadaan Barang dan Jasa yang Berkeadilan. Akan dilaksanakan di Garden Palace Hotel Surabaya pada Sabtu (16/12/2017) mendatang.

Prof Dr Y Sogar Simamora SH MHum, guru besar FH Unair Surabaya merangkap ketua panitia, mengatakan hingga saat ini Indonesa belum memiliki UU yang khusus mengatur tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah karena yang ada baru berupa Perpres No.54/2010 yang diubah menjadi Perpres No.4/2015

Akibatnya, kata Sogar, dalam praktik di lapangan masih banyak diperlukan adanya kepastian hukum dan perlindungan keuangan negara yang lebih baik serta memberikan perlindungan terhadap organ atau pejabat yang terkait dengan pengadaan barang dan jasa.

Terlebih dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang diduga terjadi penyimpangan, pada umumnya penegakan hukumnya lebih banyak pada koridor hukum pidana khususnya pidana korupsi.  Padahal dalam proses kalau misalnya terjadi dugaan penyimpangan bisa saja diselesaikan melalui koridor hukum administrasi negara atau perdata serta pidana.

“Kita ingin bangun sistem hukum pengadaan barang dan jasa, dimana bisa menjadikan iklim pengadaan bisa lebih kondusif melalui koridor yang benar,” terang dia.

Di harapkan, kalau pelanggaran pengadaan barang dan jasa pemerintah itu terjadi akibat pelanggaran administratif maka sudah sepatutnya penyelesaiannya melalui koridur hukum administratif.

“Kalau yang terjadi murni wanprestasi baik disebabkan oleh pemerintah atau penyedia jasa ya koridor penyelesaiannya melalui perdata. Tapi kalau pelanggarannya murni pidana ya penyelesaiannya mesti melalui pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor),” tegas Sogar.(fat/abi)

Leave A Comment