DPRD Surabaya Siap Awasi Program Pembangunan Pemkot

Portaltiga.com – Surabaya sebagai Kota Metropolitan sudah semestinya melaksanakan pembangunan berkelanjutan dari tahun ke tahun. Sebab, pembangunan berkelanjutan adalah kunci sukses sebuah wilayah untuk bisa menjadi lebih maju dan layak huni. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Baktiono.

sebagai anggota dewan sejak 1999 itu menyebut, tidak ada satu kota pun di dunia yang maju apabila pembangunan tidak dilanjutkan secara sistematis. Terlebih jika visi pembangunan kota setiap tahunnya berganti, dipastikan tidak akan bisa menjadi maju.

“Negara manapun itu tidak ada satupun pemimpin yang bisa menyelesaikan semua permasalahan dalam satu atau dua periode, pasti lebih. Artinya, pembangunan ini harus berkelanjutan. Jangan sampai berhenti oleh Pemerintah Kota Surabaya,” kata Baktiono.

Sebagai contohnya, kata Baktiono adalah menjadikan Surabaya di wilayah Barat bebas macet dan banjir, proyek pembangunan jalan dan irigasi di sana terus berlanjut selama 13 tahun sejak pertama kali digagas oleh Bambang DH.

Di periode selanjutnya, Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga satu visi dalam melanjutkan proyek pembangunan itu, agar wilayah tersebut bisa bebas banjir dan macet.

“Pak Bambang DH kemudian dilanjutkan Bu Risma (Tri Rismaharini) membangun mulai dari Banyu Urip tanpa menggusur warga. Mereka justru mendapatkan nilai tambah karena rumahnya sekarang di tepi jalan. Itulah perlunya pembangunan berkelanjutan. Kami di dewan selalu mengawasi itu,” katanya.

Selain memiliki jalan baru, pada periode Risma selama 10 tahun ini kebersihan sungai menjadi prioritas utama Pemkot. Namun proyek jalan dan irigasi tersebut hanyalah secuil dari pembangun Surabaya yang harus terus dilanjutkan, agar pembangunannya tidak terbengkalai. Maka dari itu, diperlukan adanya komunikasi secara intens, antara DPRD dan Pemkot sehingga pembangunan tidak asal-asalan.

Sebagai kota besar setelah Jakarta, tantangan Surabaya ke depan tentunya akan semakin berat. Apalagi Surabaya sudah dikenal sebagai kota metropolitan dan menjadi kawah candradimuka di Provinsi Jawa Timur. Maka dari itu Baktiono berharap Walikota berikutnya yang akan melanjutkan Risma, mau meneruskan program baik yang telah ada dan memahami pembangunan tata kota Metropolitan. Sehingga Surabaya bisa bersaing dengan Jakarta maupun Singapura.

“Pemimpin selanjutnya harus bisa meneruskan program-program baik yang ada saat ini dan melakukan inovasi untuk masa mendatang,” pungkasnya. (adv/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »