Cegah Corona, Arek Suroboyo Ini Temukan Inovasi D’Boxter

Portaltiga.com – Di tengah wabah pandemi global corona, ternyata melahirkan inovasi tersendiri agar masyarakat dapat semakin rajin cuci tangan dan terhindar dari penyakit corona.

Salah satu bentuk inovasinya adalah dengan merancang box alat pembersih tangan 3 in 1 yang terdiri dari alat cuci tangan otomatis, alat penyemprot hand sanitizer otomatis, dan alat pengering tangan otomatis yang dijadikan satun bernama D’boxter.

Penemu inovasi D’boxter, Mega Mahendra mengatakan, alat ini menggunakan sensor otomatis yang dapat memudahkan masyarakat dalam mencuci tangan tanpa sentuhan tangan.

“Ini kita menggunakan touchles technology ya, jadi otomatis kita pakai listrik, orang cuma tinggal memasukkan tangan saja, tanpa sentuh, tanpa menyentuh apapun, dia (d’boxter) akan bekerja,” jelas Mega, Sabtu (02/05/2020).

Mega mengaku, menciptakan alat ini karena melihat bahwa higienitas merupakan hal yang sangat penting dalam masa pandemi seperti sekarang.

Oleh karenanya, agar masyarakat tidak perlu ribet dalam mencuci tangan yang intensitasnya semakin sering, diperlukan sebuah alat yang dapat mengakomodir hal itu.

“Kita melihat kondisi sekarang ini, isu yang paling utama adalah masalah higienitas, artinya bahwa WHO pun sekarang menyarankan agar masyarakat semakin sering mencuci tangan,” ungkap alumni ITS ini.

Mega Mahendra juga mengatakan, ada banyak keunggulan dari alat ciptaannya. Seperti hemat tempat, listrik, air, hand sanitizer dan hemat tisu.

Selain itu, ia juga mengklaim alat ini merupakan alat yang pertama kali dirancang dan belum pernah ada di dunia.

Dengan alat ini, per sekali pengisian dapat digunakan hingga 1000 kali pemakaian.

Mega menambahkan, dirinya optimis jika saat ini titik-titik kerumunan dan pelayanan public sperti perkantoran, pasar, terminal, pelabuhan, mall, dll bisa menggunakan alat seperti D’Boxter akan tercipta pola disiplin menjaga kebersihan, tidak lama lagi wabah covid akan segera berhenti penyebarannya.

“Rencananya sih kita memang akan mendistribusikan lewat kitapeduli.id, tapi kalau misalkan memang ada beberapa tempat yang membutuhkan dan dipasarkan untuk dibeli ya kita akan siap,” pungkasnya. (tea/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »