Bus Double Deck Beroperasi Agustus, Cukup Bayar dengan Sampah

Portaltiga.com – Bus double deck diuji coba pertama kali, Minggu malam (29/7/2018). Bus yang merupakan hibah dari Bank Mayapada itu melewati beberapa rute, yakni Unesa Lidah Kulon, Unair kampus C dan ITS.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahjudrajat menjelaskan bahwa setelah uji coba ini, bus tingkat tersebut akan beroperasional untuk umum.

Dalam menempuh 3 rute uji coba, bus tersebut menempuh jarak kurang lebih 40Km dengan waktu 3 jam. Ada beberapa kendala yang ditemui selama menempuh rute uji coba seperti ranting pohon yang rendah dan kabel yg menghambat lajur bus.

Irvan mengatakan bus tingkat ini akan secara resmi beroperasi pada bulan Agustus 2018, sedangkan untuk rute bis tersebut masih dalam tahap perencanaan.

“Nantinya pada bulan Agustus bus ini akan resmi dioperasikan untuk umum, rute detailnya masih dalam perencanaan. Penumpang bus tidak akan dikenakan biaya karena bus ini termasuk plat merah, sebagai kontribusinya mereka cukup membayar dengan sampah plastik sebagai edukasi pada masyarakat tentang pola hidup sehat,” terang Irvan. (doy/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION