Bersama Ribuan Warga, Gus Ipul Menikmati Gerhana dan Sholat Gerhana di Masjid Al Akbar

Portaltiga.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengikuti sholat Gerhana Bulan di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Selasa (31/1/2018) malam.

Mengenakan pakaian dan sarung putih, Gus Ipul tiba di Masjid Al Akbar tepat pukul 19.30 WIB dan langsung menuju sebuah teropong yang telah disediakan Lembaga Fallakiyah PWNU Jawa Timur.

“Alhamdulillah kita bisa menyaksikan fenomena ini. Ini adalah kebesaran Allah yang harus kita syukuri,” kata Gus Ipul usai menyaksikan fenomena gerhana bulan.

Menurut Gus Ipul, melihat gerhana bulan juga merupakan fenomena alam yang menunjukkan betapa besarnya anugerah di alam ini.

“Gerhana bulan dibarengi Sholat Gerhana, kita rukuk dua kali menunjukkan betapa kita ini kecil dan harus mengagungkan Allah,” ujar Gus Ipul.

Dalam kesempatan ini Gus Ipul juga menceritakan pengalamannya melihat keindahan gerhana bulan dengan menggunakan teropong yang ada di halaman Masjid Al Akbar.

“Gerhana malam ini sungguh indah. Ini tentu mendorong dan memotivasi bertambahnya keimanan kita. Ketundukan kita pada Allah juga bertambah,” ujarnya.

Sementara itu, ribuan warga menikmati fenomena gerhana bulan kali ini dari halaman masjid Al Akbar Surabaya. Sesaat setelah sholat Magrib, ribuan warga berduyun-duyun ke Masjid Al Akbar.

Mereka mendapatkan kesempatan satu persatu menyaksikan keindahan gerhana bulan melalui sebuah teropong. Usai menikmati keindahan gerhana, warga lantas masuk ke dalam masjid untuk mengikuti Sholat Gerhana.

Bertindak sebagai Imam Sholat adalah KH Abdul Hamid Abdullah yang merupakan Imam besar masjid Al Akbar; kemudian Khotib Sholat adalah Dr Abd Salam Nawawi yang merupakan Pakar Ilmu falaki UIN Sunan Ampel. (bmw/abi)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION