Begini Cara Merawat Gedung Pencakar Langit

Portaltiga.com – Bekerja pada ketinggian memiliki potensi bahaya yang sangat besar. Ada berbagai macam metode kerja di ketinggian seperti menggunakan perancah, tangga, gondola dan sistem akses tali (Rope Access Systems).

Menurut Yogi, salah satu instruktur senior Caving dan Direktur Mainrope Indonesia, masing-masing metode kerja memiliki kelebihan dan kekurangan serta risiko yang berbeda-beda.

“Biasanya kami menyarankan kepada pihak manajemen yang akan menggunakan jasa pengerjaan di bidang yang tinggi untuk mempertimbangkan pemakaian metode dengan memperhatikan aspek efektifitas dan risiko,” jelasnya.

Pria 35 tahun ini menjelaskan, tiap risiko akan bahaya keselamatan kerja harus menjadi perhatian utama semua pihak.

“Saat ini telah dikembangkan metode baru untuk bekerja pada ketinggian dengan akses tali (rope access), Metode yang merupakan pengembangan dari teknik panjat tebing dan Caving (Penelusuran Gua)” terangnya.

Yogi juga menjelaskan tentang penerapan teknik akses tali ini pada dasarnya telah diterapkan pada berbagai sektor usaha.

“Akses tali atau rope access system sendiri sebenarnya sudah diterapkan secara luas diberbagai negara dan untuk di Indonesia yang menggunakan jasa ini adalah sektor MIGAS, dan beberapa perusahaan yang memiliki tower dan gedung pecakar lagit biasanya untuk pengecekan dan perawatan.” Tambahnya.

Menurut Yogi, mengapa sekarang di Indonesia beberapa perusahaan mulai melirik jasa rope access sytem ini karena yang pertama sudah terbukti Zero Accident, praktis, tidak mengganggu lingkungan pengerjaan, efisien waktu dan pekerjanya bersertifikasi.

Yogi mengaku Mainrope Indonesia sebagai perusahaan penyedia jasa pekerja rope acces yang bersertifikasi internasional sering dipakai jasanya oleh beberapa perusahaan besar seperti PT.PERTAMINA, PT. Kievit Indonesia, PT. Semen Gresik, PT. EXXON dan sering memberi apresiasi positif.

Yogi berharap kedepannya semakin banyak perusahaan yang menggunakan jasa Rope Access System ini karena berpengaruh pada pengisian Logbook yang harus sesuai jam terbang dan biasanya mempengaruhi tingkatan dalam proses sertifikasi tenaga ahli. (doy/tea)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION