Bakesbangpol bersama KPU, Bawaslu Jatim, dan lembaga puskakom Unair Surabaya Gelar Sosialisasi Ke Pemilih Pemula

Portaltiga.com – Bakesbangpol bersama KPU, Bawaslu Jatim, dan lembaga puskakom Unair Surabaya menggelar sosialisasi ke pemilih pemula yang ada di Jatim. Kegiatan ini diselenggarakan di kantor KPU Jatim, Selasa (23/1/2018).

Kepala Bakesbangpol Jatim Jonathan Judyanto ditemui usai sosialisasi di KPU Jatim, mengatakan kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar pemilih pada pilkada serentak pada 2018 di Jatim mengalami peningkatan yang lebih baik dari 2015.

Ia menjelaskan, untuk target pemilih pada 2018 ini, sesuai KPU yaitu 77 persen. Oleh karena itu sosialisasi pemilu ini harus dilakukan secara masif dan terus menerus, agar capaian target 77 persen suara pada 2018 bisa tercapai.

Ia juga menyampaikan, ada beberapa faktor keberhasilan suksenya pelaksana pilkada serentak 2018 Yaitu faktor pertama penyelenggara pemilu, kedua Paslon, ketiga Partai Politik, keempat peran media massa, kelima peran serta pemerintah daerah, dan keenam pemilih itu sendiri.

“Untuk peran pemerintah daerah Jatim juga telah dilakukan sosialisasi ke masyarakat dan stakeholder terkait. Pemasangan baliho tentang pelaksanaan pemilu pada 27 juni 2018 mendatang,”ujarnya.

Sementara itu Komisoner KPU Jatim Divisi Logistik, Keuangan, dan Umum, Dewinta Hayu Shinta mengatakan, saat ini KPU telah melakukan tahapan penelitian berkas Paslon pendaftaran pilgub Jatim, dan juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait tahapan pilgub Jatim 2018. Bahkan saat ini juga berlangsung terkait tahapan pencocokan data pemilih.

“Oleh karena itu pihaknya berharap kepada pemilih pemula untuk juga turut mensukseskan penyelenggara pemilu dengan cara berpartisipasi hadir pada hari pencoblisan di TPS 27 Juni 2018 mendatang,”ujarnya.

Bawaslu Jatim, Mohammad Amin mengatakan untuk pengawasan pilkada serentak di Jatim 2018 ini, pihaknya menggandeng para santri untuk mengikuti pengawasan pilkada serentak.

“Ia juga menghimbau kepada para pasangan calon untuk menciptakan suasana yang sejuk pada kampanyenya dengan tidak menggunakan isu sara saat menyampaikan visi dan misinya dalam pencalonanya,”ujar Amin yang juga mantan Panwaslu Sumenep.

Hadir dalam acara diskusi dan sosialisasi, Kepala Bakesbangpol Jatim Jonathan Judyanto, Komisoner KPU Jatim, Dewinta Hayu Shinta, Ketua Bawaslu Jatim, M. Amin dan lembaga puskakom Unair Surabaya, Drs Suko Widodo. (abi/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION