Azwar Anas Dikabarkan Diganti, Gus Ipul Terkejut

05/01/2018
62 Views
Uncategorised

Portaltiga.com – Bakal calon gubernur (Bacagub) Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf terkejut dengan kabar bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menarik dukungan terhadap Abdullah Azwar Anas sebagai bakal calon wakil gubernur (bacawagub) Jatim.

“Kalau Pak Anas mundur, mungkin bisa ditanyakan langsung pada yang bersangkutan. Yang pasti kabar itu mengejutkan saya,” katanya saat ditemui di salah satu rumah makan di Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Kamis (4/1/2018) malam.

Menurutnya, dalam politik isu-isu yang mampu mendegradasi bakal pasangan calon (paslon) merupakan hal biasa. Bahkan, keputusan penting terkait paslon yang diusung oleh partai politik (parpol) terkadang muncul di detik-detik terakhir masa pendaftaran.

Saat ini, baik PKB maupun PDIP, selaku partai pengusungnya, sedang mendalami isu-isu yang berkembang, terutama menyangkut persoalan di internal Azwar Anas sendiri. Nanti pada saat ini, kedua partai ini akan memutuskan langkah-langkah terbaik berikutnya.

“Saya tidak tahu benar atau tidak isu itu. Saya akan siapkan sejumlah langkah dan yang mesti kita pahami bahwa, dalam politik selalu ada kejutan,” ucap Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Kabar yang juga santer beredar saat ini, posisi Abdullah Azwar Anas sebagai bacawagub Jatim terancam batal karena desakan kuat dari kalangan kiai NU yang sebelumnya mendukung Anas berduet dengan Saifullah Yusuf dalam Pilgub Jatim 2018.

Para kiai itu berubah pikiran setelah mengetahui adanya permasalahan pribadi Anas yang tidak bisa dipublikasikan. “Ada yang ngasih tahu soal isu ini dan saya dipanggil sejumlah kiai untuk dikonfirmasi sejumlah hal. Itu sekitar dua hari yang lalu,” imbuhnya.

Sementara itu, di kalangan PDIP Jatim dikabarkan sedang menggodok nama-nama bacawagub pengganti Anas. Ada tiga nama yang sedang dipertimbangkan. Diantaranya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, dan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni.

“Pada dasarnya kami tidak ada maslah dengan calon baru. Saya sekarang fokus mengikuti perkembangan di PKB dan PDIP yang sedang mendalami soal itu (Anas),” tandasnya. (bmw/abi)

Leave A Comment