AXA Mandiri Beri Edukasi Perencanaan Keuangan PKK Surabaya

Portaltiga.com – Menabung di saat punya uang bagi sebagian orang masih merasa sulit. Ini yang ingin ditepis pihak AXA Mandiri, bahwa hal itu gampang.

Berkerjasama dengan tim penggerak PKK Surabaya menggelar program Pekan Cerdik di kantor PKK Jl. Tambaksari No.11A pada Kamis (18/10/2018).

Kebetulan bulan Oktober ini berbarengan bulan inklusi keuangan ini dihadiri 250 pelaku UP2K(Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) dari berbagai kelurahan di Surabaya.

Pekan Cerdik ini menghadiri pembicara kompeten di bidangnya, ada Benny Waworuntu-Chief Corporate Affair Officer AXA Indonesia, Eddy Alfian-Direktur Mandiri AXA General Indonesia dan Drag. Siti Nurbaya Zam Zam-ketua penggerak PKK kota Surabaya.

Dari pihak AXA Mandiri mengenalkan untuk pengelolaan perencanaan keuangan sejak dini dengan 7 konsep mulai dari tentukan tujuan keuangan, kenali kondisi keluarga, cek kesehatan keuangan, buat anggaran, kendali anggaran, bijak berhutang serta kelola resiko kehidupan.

“Jika sudah terapkan 7 konsep itu maka kita dalam pola hidup sehat. Tinggal memilih instrumen keuangannya seperti asuransi, pihak AXA Mandiri menyediakan mulai dari asuransi perjalanan, usaha mikro dan hari tua-pendidikan,” jelas Benny Waworuntu yang juga memberikan pelatihan road safety kepada ibu-ibu PKK di hari sebelumnya.

Hal yang menarik dari pemaparan Dra Siti Nuraya Zam Zam dalam mengembangkan konsep koperasi yang mempunyai omset 9 milyar. Kuncinya dari pengelolaan keuangan, beliau selalu memberikan edukasi untuk menabung secara rutin biarpun itu 5 ribu rupiah. Timbal baliknya koperasi bisa memberikan pinjaman tanpa agunan dan biaya admin apapun, pengembalian bisa dipotong pada uang pokok tabungan.

“Ini bisa ditiru oleh kota atau keluarahan lain, manajemen keuangan swadaya ini akan jadi penggerak perekonomian keluarga dan mampu membiayai usaha mikro serta berkembang,” ungkap Drs Siti Nuraya Zam Zam kembali.

Di akhir acara pihak AXA Mandiri memberikan asuransi Mikro kepada perwakilan PKK di kelurahan yang ada di Surabaya. Ini akan jadi booster perangsang untuk UP2K untuk terus konsisten dan mengembangkan usahanya. (fey/abi)

JOIN THE DISCUSSION