portaltiga.com
Olah Raga Umum

Dongkrak Pariwisata Banyuwangi melalui International Tour de Banyuwangi

Pebalab International Tour de Banyuwangi Ijen 2015 beradu cepat pada etape ke empat di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (9/5). Etape dengan jarak tempuh 109,7 km dari RTH Bajulmati hingga Taman Blambangan tersebut dimenangkan oleh pebalab HKSI Pro Cycling Team Hongkong Leung Chun Wing dengan waktu 2 jam 27 menit 11 detik. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/ed/mes/15

Portaltiga.com – Kota Banyuwangi selalu punya cara untuk menggali sektor pariwisatanya. salah satu caranya adalah dengan mengadakan even International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) sebuah ajang balap sepeda yang tidak hanya menonjolkan sisi olahraga, tapi juga sebagai cara daerah ini mengenalkan pesona wisatanya. Kondisi ini terbukti dari suguhan rute balapan yang akan menyusuri keindahan alam Banyuwangi dan sejumlah destinasi wisata.

“Di lokasi start dan finish tiap etape juga akan disuguhkan beragam atraksi seni yang berbeda setiap harinya. Seperti tari-tarian, Barong Banyuwangi, maupun kuntulan,” jelas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kamis (14/9/2017).

Bahkan, kata Anas, hal yang menjadi pembeda pada ajang ini adanya aksi-aksi menarik di sepanjang rute yang dilewati para pebalap. Misalnya, saat di lokasi start nanti disajikan proses pengolahan coklat, di pesantren akan ada santri bersarung dan berpeci yang akan menyambut para pembalap. Ini yang mungkin tidak akan pernah ditemui di balapan lainnya.

“Karena kami memadukannya dengan budaya. Jadi ini ajang balap sepeda internasional yang unik. Publik luar senang karena baru kali ini lihat ada balap sepeda tapi di sepanjang rute ada salawatan, tari, sampai musik lokal,” ujarnya.

Anas melanjutkan, ITdBI 2017 diikuti sebanyak 20 tim balap sepeda dengan pembalap dari 29 negara. Antara lain Iran, Jepang, Korea Selatan, Afrika selatan, dan Eritria. Juga ada dari Prancis, Itali, Belanda, Rusia, Irlandia, Swiss, Jerman, Australia, Kolombia, dan New Zealand.

“Banyuwangi siap memberikan kompetisi yang tidak hanya bergengsi, tapi juga menantang dan memberikan pengalaman yang berbeda bagi para pembalap tersebut,” jelasnya.

Ajang balap sepeda terbaik di Indonesia International Tour de Banyuwangi Ijen (ITDBI), akan kembali digelar pada 27-30 September. Ajang tahunan yang telah masuk agenda resmi UCI sejak 2012 itu bakal diikuti 20 tim dari 29 negara. (bjc/tea)

Related posts

Osing SDA Siapkan Strategi Jitu Menangkan Khofifah-Emil di Banyuwangi

admin

Wabah Corona Jadi Momentum Dongkrak Pariwisata Lokal

admin

Potensial, Wisata Soekarno Trip Surabaya Dilirik Investor

admin