Kenakan Pelajar Terhadap Bangunan Bersejarah, Pemkot Surabaya Gelar Heroic Track

07/11/2016
296 Views

Portaltiga.com-Masih banyaknya para siswa yang belum mengerti tentang cerita dibalik bangunan bersejarah di Kota Pahlawan, membuat Pemerintah Kota Surabaya melakukan edukasi kepada pelajar. Indikasi ini terlihat saat berlangsungnya Surabaya Heroic Track (SHT) 2016 yang diadakan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Tak sedikit siswa yang “terpesona” saat tour guide menjelasan bahwa sebelumnya Kantor Pos Kebon Rojo adalah Hoogere Burger School (HBS) yang merupakan lokasi Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno bersekolah.

Kabid Rekreasi dan Hiburan Umum Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya ,Fauzi M Yos, mengatakan, SHT memang digelar untuk memberikan edukasi penuh kepada para pelajar mengenai cerita di balik bangunan bersejarah. Umumnya, cerita seperti ini hanya bisa didapatkan dari orang tua dan buku khusus tentang bangunan bersejarah.

“Seperti saat kemarin (3/11) banyak pelajar yang tidak tahu bahwa Hotel Majapahit berganti nama hingga lima (5) kali, hingga dipilih nama Hotel Majapahit sampai sekarang. Kebanyakan dari peserta memang tahu lokasi bangunan, namun jarang yang mengerti kisah di baliknya. Nah, melalui agenda seperti ini, kita memulai kebiasaan baru agar para pelajar ini bisa memulai dari sekarang mengunjungi lokasi bersejarah, minimal berkunjung ke museum,” ujarnya, kepada wartawan, di Surabaya, Senin (07/11/16).

Ia menjelaskan, dengan agenda seperti ini. Pelajar yang ikut nantinya bisa mempersuasif teman, dan orang tua agar berkunjung ke tempat bersejarah. “Saat kita berkunjung ke rumah HOS Cokroaminoto, beberapa dari pelajar tahu tempat tersebut dari buku pelajaran sekolah, namun tidak ada yang tahu bahwa Ir. Soekarno memiliki ruang belajar tersembunyi di rumah tersebut.

Sebanyak 144 siswa dari SD dan SMP diajak berkeliling pada Senin (7/11) pagi, mulai dari Tugu Pahlawan – Kantor Pos Kebon Rojo – Gedung Mandiri – Kantor Berita Domei (sekarang Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Provinsi Jawa Timur) – Viaduk tempat pertempuran 10 november – Patok 0 KM Kota Surabaya – Monumen 10 November dan kembali ke Tugu Pahlawan.
Surabaya Heroic Track 2016, tambahnya, degelar dengan menggandeng 55 sekolah dengan jenjang SD dan SMP dengan jumlah keseluruhan 1250 siswa. Rute yang dipilih merupakan tempat-tempat bersejarah.

“Mulai dari Balai Kota, Museum Surabaya, Museum 10 Nopember, Hotel Majapahit, rumah HOS Cokroaminoto, hingga TMP Kusuma Bangsa. SHT sendiri diadakan mulai tanggal 1,2,3,7,14,15, dan 16 November.”ungkap Fauzi. (Trish)

Leave A Comment