portaltiga.com
Umum

Kopi Gayo, Citarasa Khas Kopi Indonesia

Portaltiga.com – Popularitas kopi Indonesia termasuk yang diminati dan dicari oleh publik, baik lokal maupun internasional.

Salah Satunya adalah kopi Gayo. kopi yang berasal dari daerah Sumatra ini menjadi salah satu yang cukup digemari di peringatan Hari Kopi Internasional tanggal 1 Oktober 2017 kemarin yang dirayakan oleh lebih dari 70 negara, termasuk Indonesia.

Hal itu disampaikan Iwan Juni , salah seorang pelaku industri kopi dari Gayo. Bahkan ia yakin bahwa kopi Indonesia adalah cita rasa terbaik di dunia.

“Kopi Nusantara yang sudah dikenal internasional salah satunya jenis Arabika , seperti kopi Gayo dari Aceh, kopi kintamani dari Bali dan kopi Jawa dari Jawa Timur,” kata Iwan saat ditemui,  kamis (5/10/2017).

Lebih lanjut Iwan membagikan Pengalamannya tentang bagian bagian metode copdev yang meliputi diantaranya cup, origin, dan equipment yang harus dilakukan roast master sebelum menyangrai kopi. Menurutnya proses penyampaian mempengaruhi cita rasa kopi saat diminum.

Cara meminum kopi juga tak lepas dari perhatian lelaki berusia 43 tahun tersebut, yaitu diminum dengan cara diseruput. Memang agak terlihat tidak sopan karena akan menimbulkan suara.

Iwan Juni sendiri sudah lama berinteraksi dengan kopi. Selain sering mengikuti pameran kopi modern , ia juga berasal dari keluarga petani di Gayo.

“Dengan iklim tropis Indonesia dan banyaknya pegunungan yang memiliki ketersediaan air yang tinggi menjadi kelebihan tersendiri bagi Indonesia untuk menanam kopi, pokoknya ngopi jadi hal yang tidak bisa dilepaskan ” pungkas Iwan. (cah/tea)