X Calibour, Jadikan Surabaya Barometer Hiphop Indonesia

Portaltiga.com – Siang itu di teriknya panas kota Surabaya terdengar sayup-sayup musik hiphop yang berasal dari bangunan sederhana di daerah Manunggal Kebonsari 21, Jumat (6/10/2017).

Tampak depan lelaki berbadan tegap menyapa “Hallo mas. Saya Sony, monggo masuk,” ucap pria itu mengajak Portaltiga.com masuk ke studio.

Setibanya di dalam, kami disambut cangkir yang berisi kopi hitam pekat mengawali perbincangan dengan bung Josephino Millenao. Pria yang akrab dipanggil Mavioso itu merupakan salah satu personil dari X Calibour.
Band hiphop asal Surabaya ini melejit dengan single “Dobrak” dengan menduduki 10 besar tangga lagu terbaik di beberapa kota besar di Indonesia dan masuk ke dalam program acara “MTV Madness”.

Pembicaraan kami dimulai dengan berbagi cerita tentang aktifitas yang sedang dilakukan olah X Calibour “Untuk kali ini kita belum ambil manggung dulu mas. Kita lagi fokus album Golden Classic dan bikin tour album,” tuturnya.

Album Golden Classic ini pengarapannya akan berduet dengan Dangerdope salah satu DJ dari Aceh. Sedangkan untuk perilisan albumnya dipercayakan label dari Japang.

“Konsep untuk judul, cerita di album Golden Classic ini lebih merepresentasikan ke sebuah culture hiphop saat ini dan kehidupan petikan-petikan keseharian yang diramu dalam lagu. Itu dulu bocorannya hehehe,” jawab Josephino sambil tersenyum lebar saat ditanyakan tentang konsep penggarapan album X Calibour.

Ketika membahas tentang pergerakan musik hiphop di Surabaya, Josephino melihat arah musik Surabaya sudah menunjukkan mulai banyak perkembangan, dengan mengembalikan warna musik new school dan old school.

“Untuk generasi sekarang agar kekinian harus menciptakan lebih banyak movement lagi dan produce sebanyak-banyaknya. Perlu diingat kemasan materi dan kualitas musik harus diperhatikan agar dapat bersaing dengan kota-kota lain. Dan saya rasa Surabaya layak menjadi barometer musik hiphop di Indonesia,” harap dia. (doy/abi)

JOIN THE DISCUSSION