Tim Lantamal V Siap Ikuti Lomba Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya

09/11/2016
193 Views

Portaltiga.com, SURABAYA – Hari Pahlawan adalah hari yang istimewa khususnya bagi masyarakat Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan. Salah satu event menarik dan digelar tahunan adalah Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal V) telah meyiapkan timnya untuk berlaga di ajang tersebut.

Untuk event uji kekuatan kaki yang digelar Dinas Kependudukan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur pada 12 November mendatang ini, Tim Lantamal V yang dimotori Kepala Dinas Administrasi dan Personel (Kadisminpers) Lantamal V Letkol Laut (KH) Drs. I Made Suweca terlihat terus menyiapkan diri dengan menggelar latihan di area Komplek Stadion Pasiran, Lantamal V, Rabu (9/11).

Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto-Surabaya ini, diharapkan dapat mengembangkan jiwa patriotisme dan mengenang jasa para pahlawan  yang telah berjuang membela tanah air.Kegiatan ini dimulai dari Lapangan Surodinawan Kota Mojokerto sebagai tempat pemberangkatan dan berakhir di Area Tugu Pahlawan Kota Surabaya. Dari Mojokerto, peserta akan berjalan menuju Tugu Pahlawan Surabaya, dengan melewati dua pos pemberhentian, yakni di Krian dan Sepanjang.

Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya ini merupakan napak tilas dari perjuangan para pemuda yang sebagian besar merupakan Arek – Arek Suroboyo. Saat bertempur dengan semangat membara dalam mengusir penjajah yang akan merebut kembali Indonesia yang pada saat itu baru saja memproklamirkan kemerdekaannya. Mojokerto -Surabayaini adalah rute yang menjadi bagian dari perjuangan para pemuda pada tahun 1945.

Untuk mengenang semangat bertempur yang telah dilakukan oleh arek-arek Suroboyo, Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E. telah memerintahkan Kadisminpers Lantamal V untuk membentuk satu tim gerak jalan yang terdiri dari  19 orang  (11 orang merupakan tim inti, 4 orang cadangan dan  4 orang pendukung.

Menurut Made sapaan akran Kadisminper ini- setiap tahun Lantamal V selalu mengirimkan perwakilannya untuk berpartisipasi dalam event tahunan ini. Pada sesi latihan hari ini, Tim Lantamal V memantapkan strategi dan memompa semangat anggota tim dalam menyelesaikan rute gerak jalan yang menempuh rute sejauh 60 KM.

Leave A Comment