Temui Petani Di Batang, SBY Serap Keluhan Petani

Portaltiga.com – Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunjungi Batang dalam rangkaian perjalannnya di Jawa Tengah. Seperti halnya dalam kunjungannya di tempat lain, SBY juga berdialog dengan kelompok tani di Batang.

Dalam dialog itu, banyak petani menyampaikan keluhan kepada orang nomor satu di Partai Demokrat itu. Salah satunya Eko, yang mengeluhkan masalah harga hasil pertanian yang selalu anjlok tatkala menghadapi masa panen dan masalah pupuk yang naik kala memasuki musim tanam.

“Saat panen harga gabah anjlog, dan pas tanam harga pupuk dan bibit naik. Banyak petani yang larinya ke tengkulak,” kata Eko di hadapan SBY beserta rombongan di Lapangan Desa Pandansari, Kecamatan Warungasem, Jumat (13/4/2018).

Di hadapan SBY, Eko juga mengeluhkan masih adanya impor beras yang membuat harga gabah turun. Selain Eko, beberapa perwakilan kelompok tani juga ikut curhat ke SBY.

Menanggapi hal itu, SBY mengatakan kedatangan dirinya tidak lain untuk menyerap aspirasi para petani dan berniat untuk memajukan petani daerah.

“Kami telah banyak dengar keluhan, (tentang) impor beras dan lain-lain. Jawaban saya, karena saya tidak menjabat presiden lagi, saya akan meneruskan ke pejabat yang berwenang,” kata SBY.

Tampak mendampingi SBY di acara hari ini di Batang, Ani Yudhoyono dan Wakil Ketum Partai Demokrat, Syarif Hasan. Selain di Kabupaten Batang, rencananya SBY akan berkunjung ke pondok pesantren di Kabupaten Pekalongan dan Jumat siangnya berkunjung ke Pemalang. (dtc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION