Tarif Jembatan Suramadu Turun Akan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Madura

 

Portaltiga.com :Pemberlakuan tarif baru melintas Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) untuk kendaraan roda empat atau lebih sejak awal Maret 2016 diyakini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Madura.

“Kami yakin investor dan pengusaha semakin bersemangat membangun Madura yang imbasnya peningkatan perekonomian masyarakat setempat,” kata Ketua Ikatan Keluarga Madura (Ikama) Jatim, Buchori Imron kepada wartawan di Surabaya, Jumat (4/3).

Seperti diketahui, tarif baru melintas Jembatan Suramadu resmi diberlakukan per 1 Maret 2016 pukul 00.00 WIB melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 60/KPTS/M/2016 Tanggal 24 Februari 2016.

Sesuai surat tersebut maka tarif untuk jenis kendaraan golongan I (sedan, jip, pick up/truk kecil dan bus) senilai Rp 15 ribu, kendaraan golongan II (truk dengan dua gandar) Rp 22.500, kendaraan golongan III (truk tiga gandar) Rp 30 ribu, golongan IV (truk empat gandar) Rp 37.500, dan golongan Golongan V (truk lima gandar atau lebih) Rp 45 ribu.

“Selama ini, investor berpikir dua kali membangun Madura karena mahalnya biaya transportasi keluar masuk Madura. Kalau sudah turun 50 persen maka ini akan sangat membantu dan kami yakin perekonomian Madura semakin bergeliat,” tambahnya.

Pihaknya mengapresiasi kebijakan Presiden RI Joko Widodo yang memberikan persetujuan penurunan tarif jembatan Suramadu sebesar 50 persen. Tidak itu saja, tersebut juga berterima kasih kepada Gubernur Jatim Soekarwo dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang dinilainya telah berjuang mewujudkan tarif baru.

“Penurunan tarif 50 persen sudah sangat luar biasa. Tapi ke depan, tetap kami harapkan jembatan Suramadu bisa 100 persen gratis,” katanya.Wakil Ketua Komisi C DPRD Surabaya

Terpisah, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengaku menerima laporan bahwa penurunan tarif Suramadu mendapat respon positif dari pengendara karena biaya yang dikeluarkan berkurang.

“Saya sudah berkomunikasi dengan pengelola Suramadu dan menjelaskan respon positif dari pengendara. Di sana pengelola juga terus bersosialisasi bahwa pemberlakuan tarif baru sudah diberlakukan,” tuturnya. (Bmw)

JOIN THE DISCUSSION