Susah Menabung? Ini Caranya

Portaltiga.com – Masih banyak orang yang menunda menabung hingga memiliki penghasilan yang lebih banyak. Tapi itu adalah sebuah jebakan. Jika Anda masuk ke jebakan tersebut, berarti Anda harus siap dengan hari-hari pensiun yang sedikit atau tanpa tabungan.

Lebih baik, mulailah menabung lebih awal dari pada menyesal di kemudian hari. Itu mungkin cukup sulit, tetapi semakin awal Anda mulai menabung, itu semakin baik.

Jika Anda tidak begitu peduli terhadap hasil yang signifikan, Anda dapat menabung beberapa rupiah saja dalam sebulan. Mulailah menabung dari nominal yang paling kecil, yang terpenting Anda sudah terbiasa untuk menabung.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk menabung sebagai bekal masa pensiunan, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Menabung saat waktu masih berjalan

Waktu terbaik untuk mulai menabung adalah ketika Anda masih memiliki watu sebelum Anda berencana untuk pensiun, karena itu akan memberikan manfaat lebih untuk Anda. Semakin awal Anda memulai, maka semakin sedikit risiko yang akan di dapat setiap bulannya.

Di sisi lain, jika Anda menunda menabung selama beberapa tahun, akan terasa lebih sulit. Dan Anda akan berpikir, ‘Kenapa tidak dari dulu saja saya menabung’. Anda tidak dapat memutar waktu untuk membayar semua penyesalan yang telah terjadi.

Perencanaan pensiun bukanlah sesuatu yang main-main, jadi daripada menunda menabung sepenuhnya sampai Anda mendapatkan lebih banyak uang, akan lebih baik untuk menyimpan apa pun yang Anda punya sekarang (tidak peduli seberapa kecil itu) itu akan jauh lebih berguna di kemudian hari, sehingga tidak ada rasa penyesalan yang mengikuti Anda.

2. Manfaatkan uang tunai

Memahami pentingnya menyelamatkan apa yang Anda punya adalah suatu hal yang penting, tetapi sebenarnya mencari uang untuk diinvestasikan adalah hal lain. Meskipun Anda selalu dapat mengurangi di beberapa pengeluaran. Contohnya, lebih baik sarapan di rumah daripada di luar yang bisa menghabiskan banyak uang. Hal yang sederhana untuk bisa memanfaatkan uang tunai Anda.

Cobalah untuk bisa menghargai uang yang kita miliki. Menabung sejak awal untuk masa pensiun adalah suatu hal yang diharuskan jika tidak ingin mengalami hal-hal yang buruk di kemudian hari.

3. Selesaikan utang

Utang memang selalu melekat pada kehidupan seseorang. Utang yang tidak terkontrol dapat menguras semua penghasilan Anda. Jika Anda memiliki utang, alangkah baiknya segera dilunasi sebelum memasuki masa pensiun.

Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan dana darurat. Siapkan tabungan dan ikut program asuransi untuk melindungi diri dari kondisi darurat yang bisa saja terjadi tanpa sepengetahuan kita. (mdc/abi)

JOIN THE DISCUSSION