Surabaya Diprediksi Hujan Lebat

Portaltiga.com – Prakiraan cuaca untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya untuk Sabtu (1/12/2018) hari ini, masih diprediksi akan turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Berdasarkan laman BMKG Juanda, Surabaya pada siang hari diprakirakan terjadi hujan petir, lalu diikuti hujan lokal pada malam hingga dini hari dengan suhu 25-35 derajat celcius. Angin berhembus dari arah barat daya dengan kecepatan 9,3 km/jam.

Sedangkan untuk kecepatan angin masih tergolong normal. Namun, angin juga akan berpengaruh jika tiba-tiba muncul awan gelap sehingga kecepatannya bisa berubah dengan kecepatan tinggi.

Nur Huda Kepala BMKG Juanda mengimbau kepada warga Surabaya dan sekitarnya untuk berhati-hati jika tiba-tiba muncul awan gelap. Karena menurutnya, hal itu berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

“Untuk warga Surabaya, kan sudah memasuki musim hujan, jadi diwaspadai jika tiba-tiba muncul awan gelap pekat, itu diperhatikan. Soalnya, biasanya setelah itu turun hujan lebat disertai petir dan angin yang cukup kencang, meskipun kadang cuma sebentar,” katanya.

Ia juga menyarankan untuk nelayan atau warga yang beraktifitas di laut untuk berhati-hati. Menurutnya, untuk di perairan utara Jatim cenderung tidak begitu signifikan. Namun hal ini berbeda dengan perairan selatan yang dipresiksi gelombang air laut bisa mencapai dua meter.

“Untuk penerbangan Inshaa Allah aman. Kalau pelayaran untuk saat ini tidak signifikan. Di perairan utara (gelombang laut, red) mungkin 0,5 sampai 1,5 meter. Cuma yang di (perairan, red) ini maksimum bisa 2 meter,” ujarnya. (ssn/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION