STPI Riau Siap Cetak Pilot Handal

Portaltiga.com – STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) Base Rengat Riau merupakan salah satu dari ketiga tempat latihan terbang yang ada di Curug dan Banyuwangi.

Untuk STPI sendiri sebenarnya terbagi 4 jurusan, diantaranya Jurusan Penerbangan, Jurusan Tehnik Penerbanagan, Jurusan Keselamatan Penerbangan, Jurusan Manajemen Penerbangan.

Hampir di tiap tahunnya ada ribuan peserta yang mengikuti tes masuk STPI namun hanya seperempatnya yang diterima melalui beberapa tahapan ujian masuk. Mereka yang terpilih masuk merupakan taruna pilihan yang memiliki kemampuan akademis yang baik.

Menurut Bayu Wahyudi, salah satu staf di STPI, nantinya para pilot yang lulus dari proses seleksi untuk masuk menjadi taruna di STPI akan digodok di masing-masing prodi yang ada. Khusus untuk para pilot nanti akan ditempa di program studi pilot yang ada di Rengat Riau ini.

“Para pilot nanti akan di didik secara intensif di tempat kami di STPI Base Rengat Riau. Nanti mereka akan belajar mulai basic tentang pengenalan, penerbangan simulator dan saat sudah siap akan menerbangkan pesawat latih” ucap Bayu saat diwawancarai di messnya Sabtu (14/4/2018).

Di sekolah pilot sendiri terbagi dua program studi tergantung peminatan, yaitu Prodi Penerbang Sayap Tetap dan Prodi Penerbang sayap putar untuk helikopter.

Bayu menambahkan kalau lisensi penerbang antara heli dan pesawat biasa berbeda. Apabila ingin menguasai keahlian dan memiliki lisensi keduanya mereka harus memilih salah satu prodi dan menyelesaikan terlebih dahulu sesuai peminatannya, nanti setelah selesai baru bisa melanjutkan pendidikan berikutnya.

Selain itu Bayu juga melihat para pilot lulusan STPI Rengat Riau langsung diterima berkarir di beberapa perusahaan penerbangan komersial lokal dan Asing. Kualitas kemampuan terbang mereka sangat baik, siap di adu dengan pilot-pilot asing. (doy/abi)

JOIN THE DISCUSSION