Soal industri Batik Di Hari Batik Nasional, Sandiaga: Kita Harus Dorong Dan Harus Bangga

Portaltiga.com – Hari batik yang jatuh pada hari ini, Selasa (2/10/2018) dimanfaatkan Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno menyambangi pusat sentra batik di Thamrin City, Jakarta Pusat. Sandi yang menyambangi kios-kios batik satu per satu ini mengaku kagum akan perkembangan UMKM batik.

Sandi menilai, batik harus terus dikembangkan agar mampu menjadi salah satu warisan budaya sekaligus menjadi penyumbang devisa Indonesia.

“Sekarang hari batik, saya ingin industri batik berkembang, kemarin di Pekalongan industri batik itu membuka lapangan kerja, kita harus dorong dan harus bangga,” kata Sandiaga, Selasa (2/10/2018).

Meski menilai perkembangan UMKM batik sangat pesat, Sandiaga mengatakan bukan tidak ada kendala dirasakan para pelaku usaha. Karenanya Sandi mendorong, agar pemerintah bisa andil dalam memajukan industri batik ke depan karena juga berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan.

“Industri ini ada keluhan karena barang-barang komponennya masih banyak diimpor, dari kainnya, juga pencelupnya, jadi kita harus bangun industri subtitusi impor, itu membuka lapangan kerja juga, kita juga harus galang bahwa batik ini bisa untuk tujuan ekspor,” papar Sandiaga.

Sandi mengapresiasi adanya kebijakan penurunan pajak UMKM, khususnya pada industri batik. Menurut dia, adanya kebijakan tersebut yang bisa dipadupadankan dengan OK OCE, kelak bisa meningkatkan pemasaran batik semakin baik lagi.

“Jadi saya sepakat (penurunan pajak UMKM), tapi yang dibutuhkan itu selain untuk kemudahan fiskal, adalah akses pemasaran. Tapi saya yakin pendekatan centre of entrepreneurship, bisa dengan OK OCE kita bisa meningkatkan pemasaran batik ini,” kata Sandi. (lnc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION