Siswa Banten Ikuti “Program Siswa Mengenal Nusantara”

MANADO (Portaltiga.com) – PT Brantas Abipraya (Persero) atau yang biasa dikenal dengan Abipraya mengirimkan 17 siswa terpilih dari Provinsi Banten. Setelah seleksi yang sangat ketat dengan dibantu Dinas Pendidikan Provinsi Banten, akhirnya seluruh siswa pun berangkat menuju Manado, Sulawesi Utara pada 11 Januari 2016.

“Ini adalah salah satu program dari Kementerian BUMN yaitu ‘Siswa Mengenal Nusantara’. Salah satu rangkaian kegiatan dari BUMN Hadir untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dalam rangka peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-70,” ujar Atria Dea Prawesti, Humas Abipraya.

Di Manado, bersama BUMN lainnya yaitu PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero) dan Perum Peruri, Brantas Abipraya melakukan serah terima siswa kepada PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) dan PT Perkebunan Nusantara XII (Persero). Melakukan kunjungan selama 8 hari dari 11 Januari hingga 18 Januari lalu, para siswa dibawa berkunjung ke banyak tempat untuk menambah wawasan pendidikan, wawasan sosial budaya dan wawasan entrepreunership.

Hal ini terbukti dengan banyaknya destinasi yang dikunjungi yaitu Taman Makam Imam Bonjol, studi banding ke beberapa sekolah terbaik di Manado, Pabrik Gula Aren Masarang, Wisata Alam Uap Belerang “Bukit Kasih”, Pasar Ekstrem di Tomohon, Temboan Hill, Kerajinan Khas Kain Adat “Rumah Karema”, Danau Linow, tempat pembuatan Rumah Panggung Keliling Rurukan dan masih banyak lagi.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara, melalui pemahaman nyata terhadap keragaman kekayaan nusantara melalui proses pertukaran informasi dan pengalaman. Pelaksanaan kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia tersebut, juga menjadi bagian dalam “membangun pemahaman para pemangku kepentingan (Stakeholders)” mengenai peran Kementerian BUMN dan Perusahaan BUMN dalam turut serta “Membangun Kapasitas Nasional (National Capacity Building) melalui generasi muda penerus bangsa”.

JOIN THE DISCUSSION