Seniman dan Pemuda Jambi Gelar Kegiatan Bertajuk “Dari 17 Agustus Menuju Hari Merdeka Sedunia”

Portaltiga.com – Tanggal 17 Agustus sering kita peringati sebagai hari Kemerdekaan Republik Indonesia dimana saat-saat itu merupakan moment kita untuk mengenang dan memaknai nilai perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan. Pada 17 Agustus kemarin pemuda dan seniman di kota Jambi menggelar event bertajuk “Dari 17 Agustus Menuju Hari Merdeka Sedunia” yang digelar di tugu Keris Siginjai, Kota Baru, Jambi.

Boslan Tobing, Seniman asal Kota Jambi berbagi cerita kepada portaltiga.com tentang kegiatan yang mereka gelar.

“Kegiatan kami ini merupakan kegiatan kedua yang kami gelar. Ide awal 17 Agustus Menuju Hari Merdeka Sedunia di ini dari obrolan saya dengan adik saya Jhon Candra (Founder Outsider’s Chapter Jambi). Kami ingin moment 17 Agustus itu diperingati bukan hanya sebagai kemerdekaan bangsa ini terhadap penjajahan, namun juga kemerdekaan untuk memperoleh hak sebagai manusia, kemerdekaan untuk dimanusiakan, dan kemerdekaan di segala lapisan masyarakat,” terang Boslan di Studio miliknya yang bertempat di depan Lorong Kamil, Pelita, Kota Jambi, Senin (20/8/2018).

Tahun ini Boslan mengangkat tema “Stop Penjajahan terhadap anak dalam bentuk apapun di seluruh Dunia”, ia berharap melalui kegiatan ini ia bisa menyuarakan hati kecil anak-anak yang belum terbebas dari penderitaan.

“Fakta yang saya lihat, dengar, dan rasakan di lingkungan, masih banyak anak-anak yang mengalami kekerasan. Dan kita tidak pernah berbuat apa-apa untuk kemerdekaan anak-anak, banyak anak-anak yang menjadi korban atas keegoisan orang dewasa. Sementara mereka tidak tahu apapun. Saya merasa harus berbuat semampu yang saya bisa, selebihnya saya berserah pada Tuhan. Setidak nya saya sudah berbuat. Dan di luar dugaan ada 23 komunitas juga yang sepakat,” tambahnya.

Bersama 23 komunitas lainnya Boslan secara swadaya menggelar berbagai kegiatan diantaranya lukis ekspresi, auto painting, pembacaan puisi, pembacaan surat dan pembacaan doa dan berhasil menarik perhatian masyarakat Jambi.

Boslan berharap melalui kegiatan yang mereka gelar anak-anak Indonesia bisa merasakan kemerdekaan yang seutuhnya. Kedepannya ia berharap bisa menggelar kegiatan serupa di luar Sumatera.

“Kalau saya dikasih sehat, usia yang panjang, ada rezeki, tahun depan saya berkeinginan untuk menggelar kegiatan serupa di luar Sumatera, semisal daerah Jawa,” pungkasnya. (doy/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION