Semarakkan Tahun Baru Islam, BMH Sumut Gelar Gebyar Muharram

Portaltiga.com – BMH Sumut turut menyemarakkan Tahun Baru Hijriyah 1442 H dengan menggelar Gebyar Muharram di 5 titik Rumah Quran Sumatera Utara.

Dikatakan Irvan Mendrova, Kadiv Program BMH Sumut, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari (19-21/08) ini diselenggarakan di 5 titik Rumah Quran Sumatera Utara. Diantaranya, Rumah Quran Langkat di Desa Lalang, Rumah Quran Deli Serdang di Desa Suka Makmur, Rumah Quran Karo di Desa Jaranguda, Rumah Quran Padang Lawas Utara di Desa Janji Manahan dan Rumah Quran Labuhanbatu Selatan di Desa Sabungan.

Dia mengatakan selain menjadi bahan evaluasi pembelajaran, acara ini pun menjadi ajang penggalian potensi para santri quran. “Juga diharapkan dapat menjalin semangat persaudaraan dan menumbuhkan solidaritas antara santri dan muallim rumah quran.” tambahnya.
Dalam kemeriahan Gebyar Muharram 1442 H sebanyak 157 santri Rumah Quran mengikuti perlombaan Tahfiz Quran, Hafalan Hadist & Doa, Hafalan Asmaul Husna, Azan, Praktek Wudhu & Sholat. Serta perlombaan hiburan lainnya seperti mewarnai kaligrafi, bola kaki, balap karung dan sebagainya.

Ditambahkan Irvan, khusus perlombaan tahfidz atau hafalan quran akan diseleksi kembali untuk menyaring pemenang favorit Gebyar Muharram 1442 H. “Teknisnya, para pemenang penghafal quran di setiap titik Rumah Quran akan di finalkan kembali melaui daring. Dan Insya Allah akan ada hadiah tambahan berupa dana pembinaan dan piagam,” tutupnya.

Mulyadi, Mualim Rumah Quran Langkat berharap dengan kegiatan Gebyar Muharram ini membuat santri semakin tertarik untuk giat belajar dan menghafal Al Quran. “Alhamdulillah, dengan kemeriahan kegiatan Gebyar Muharram ini, bertambah 2 santri baru lagi. Semoga di event-event Hari Besar Islam lainnya, kita bisa mengadakan kegiatan seperti ini agar memacu semangat santri yang ada dan menarik anak-anak disekitar lokasi untuk bisa bergabung belajar di Rumah Quran.” Imbuhnya.

Linda, salah satu peserta dari Rumah Quran Padang Lawas Utara mengaku sangat gembira dengan kegiatan Gebyar Muharram ini. “Senang sekali saya ustadz, hadiahnya juga menarik. Semoga tahun depan tetap dilaksanakan dan lebih meriah. Makasih ya ustadz.” pungkas Linda dengan penuh semangat. (tea/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »