Sandiaga Uno Sebut Gombloh Adalah Pejuang Ekonomi Kreatif Indonesia

Portaltiga.com – Tepat 13.00 WIB, Minggu (21/10/2018) siang, Sandiaga Uno memasuki gerbang Makam Tembok Gede yang berada Jl Tembok Gede, Surabaya. Sandiaga memakai baju kaos berkerah ala polo warna biru dipadu padan dengan celana krem. Ciri khas kacamatanya tidak ketinggalan serta memakai kopiah hitam.

Ini merupakan agenda pertama calon wakil presiden (Cawapres) pasangan Prabowo dalam rangkaian lawatan ke Jawa Timur. Tempat pertama yang dikunjungi adalah makam Soedjarwo Soemarsono atau lebih dikenal Gombloh. Vokalis beraliran aliran balada sekelas Ebith G Ade dan Iwan Fals ini.

Sandiaga Uno memang sengaja memilih berziarah ke Gombloh karena salah satu seniman merakyat dan sesuai dengan ekonomi kreatif yang didengungkan pasangan Pilpres nomor urut 2 ini.

“Gombloh sendiri adalah pejuang ekonomi kreatif, kita tahu lagu Kebyar-Kebyar jadi legendaris yang sering saya dengarkan dan memberikan semangat untuk membangun perekonomian bangsa ini. Gombloh ini simbol pelaku ekonomi kreatif yang konsisten menelurkan karyanya untuk dinikmati masyarakat Indonesia,” ungkap Sandiaga Uno usai menaburkan bunga ke atas makam Gombloh yang alumni SMA 5 Surabaya dan jebolan ITS Jurusan Arsitektur ini.

Sandiaga Uno juga menegaskan bahwa segmen ekonomi kreatif yang dibidik bersama pasangannya Prabowo jadi tujuan perjuangan awal. Karena untuk porsi ekonomi kreatif di Indonesia ini baru 10 persen, Sandiaga Uno berkeinginan menggenjot sampai 15 sampai 20 persen. Sandiaga Uno juga berpesan harus ada legenda-legenda baru seperti Gombloh untuk jadi pelopor ekonomi kreatif di masa depan.

Selain ziarah ke makam Gombloh ini sekaligus silahturahmi ke keluarga penyanyi yang meninggal 9 Januari 1988 ini akibat kerusakan paru-paru akibat rokok. Pihak keluarga memberikan lukisan almarhum Gombloh dengan kacamata dan topi yang uniknya ditulis nomer 2. Kebetulan ziarah di makam Tembok, Sandiaga Uno digiring ke makam KH Ridwan Abdulloh selaku pencipta lambang NU.

Selain lawatan di Surabaya, Sandiaga Uno berkunjung ke Jombang dan akan mengikuti Napak Tilas Resolusi Jihad. (fey/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION