portaltiga.com
Headline Politika

Rizki Sadig Jabat Ketua DPW PAN Jatim 2020 – 2025

Portaltiga.com – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) resmi menunjuk Rizki Sadig sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Timur periode 2020-2025. Keputusan ini menindaklanjuti usulan dari Tim Formatur pembentukan struktur DPW PAN Jatim.

Hal ini disampaikan Zulhas pada pertemuan dengan Tim Formatur, Senin (28/12/2020) malam lalu. “Bapak Ketua Umum, Zulkifli Hasan memutuskan Pak Rizki Sadig sebagai Ketua DPW PAN Jatim,” kata Anggota Tim Formatur, Achmad Rubaie dikonfirmasi di Surabaya.

Rizki merupakan Anggota DPR RI dari dapil Jawa Timur VI yang mencakup Tulungagung, Blitar, Kota Kediri, dan Kota Blitar. Di Senayan, Rizki menjadi Anggota Komisi I DPR RI.

Selain menunjuk Rizki, Zulhas juga memutuskan menambah satu posisi baru di pimpinan PAN Jatim. Yakni, Ketua Harian DPW PAN Jatim yang dijabat Achmad Rubaie.

“Saya diberikan kepercayaan sebagai Ketua Harian,” ungkap Rubaie yang sebelumnya menjabat Ketua Komite Pemenangan Pemilu Wilayah (KPPW) PAN Jatim ini.

Pembagian tugas tersebut menjadi jalan tengah dari DPP mengakomodasi keinginan DPW. Mengingat, kedua nama ini merupakan usulan Tim Formatur di sebagai calon Ketua DPW PAN Jatim.

Selain itu, sejumlah pendukung Zulhas di Kongres lalu juga menempati sejumlah posisi strategis. Di antaranya, Husnul Aqib yang dipercaya di posisi Sekretaris DPW PAN Jatim, dan M Zainul Lutfi yang menjadi Bendahara DPW.

Aqib saat ini menjabat Ketua DPD PAN Lamongan sekaligus Wakil Ketua DPRD Lamongan. Sedangkan Lutfi merupakan mantan Anggota DPRD Jatim.

Selain Rizki dan Rubaie, tiga Anggota Tim Formatur juga menempati sejumlah posisi penting. Di antaranya, Masfuk yang menjadi Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP), Heri Romadhon yang ditunjuk sebagai Ketua Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) , dan Abu Bakar yang menjadi Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu).

Kesepakatan ini diambil demi satu niat, membesarkan PAN. “Kami diberikan waktu satu bulan untuk membentuk kepengurusan secara utuh sebelum akhirnya nanti dilantik,” katanya.

Total, rencananya struktur DPW PAN Jatim akan diisi oleh sekitar 60 pengurus. “Jumlah ini setara dengan jumlah pengurus PAN Jatim saat ini,” katanya.

Dikonfirmasi terkait keputusan ini, Rizki Sadig memilih menunggu Surat Keputusan (SK) resmi dari DPP. “Kami belum menerima SK resmi dari DPP. Tentu, (setelah SK turun) nanti kami akan sampaikan secara resmi,” katanya.

Untuk diketahui, Pembahasan Calon Ketua Umum PAN Jawa Timur sempat berjalan alot. Pada Musyawarah Wilayah (Muswil), Sabtu (19/12/2020) forum gagal menentukan Ketua DPW.

Akhirnya, DPP meminta pembahasan struktur dilakukan oleh Tim Formatur yang beranggotakan lima orang selama satu minggu. Namun, hingga hari terakhir pembahasan, Sabtu (26/12/2020), belum ada titik temu soal nama Calon Ketua DPW yang akan diusulkan ke DPP.

Sehingga, tim formatur mencalonkan dua kandidat terkuat calon Ketua DPW PAN Jatim. Yakni, Achmad Ruba’i (Ketua Komite Pemenangan Pemilu Wilayah PAN Jatim) dan Rizki Shadiq (Anggota DPR RI). (wan/abi)

Related posts

38 Calon Formatur Sudah Daftar, Muswil PAN Jatim Molor

admin

Achmad Rubaie Kandidat Ketua DPW PAN Jatim

admin