Ribuan Muslim Bali Bersih-bersih Pantai

Portaltiga.com – Sekitar 6.200 warga muslim yang tergabung dalam Komunitas Muslim Peduli Bali (KMPB) menggelar aksi bersih-bersih di Pantai Kuta, Pantai Petitenget, Pantai Padma, dan Pantai Double Six di Kabupaten Badung, Ahad (7/1/2018).

Komunitas itu meliputi anggota dari 50 lebih organisasi/kelompok/komunitas, termasuk di antaranya Fosiba, Aisyiyah, RWM Nurul Iman Padang Udayana, Yayasan Al Hikmah Joglo YAHJ, MA Al Muhajirin, kelompok pengajian Edo Jaya Bali, Musholla Syuhada, BSMI Bali, OSIS SMA Albanna Denpasar, PII Bali, Bali Hotel Association, Pemuda PUI Bali, IPHI Wilayah Bali, dan ICMI Bali.

Selain itu, ada anggota Pesantren Digital, FPMI Universitas Udayana, KAKAMMI Bali, KAHMI Bali, JSIT, Santri LaRoyba BBI Tbn, KM.NRC, Musholla Alfattah Ubung, Masjid Muhammad, PSNU Pagar Nusa Kuta Selatan, Biker Soleh and Likolaki, Masjid Attaqwa Polda Bali, IKMS Daerah Bali, Angkatan Muda Siliwangi dan Bamus, Oi Blankot Denpasar, PWNU Bali & Banom, dan Muhammadiyah.

Ketua MUI Provinsi Bali H. Taufik Asy’adi dan Ketua Komisi Pariwisata MUI Bali H. Ismoyo Soemarlan, inisiator aksi, hadir dalam kegiatan bersih-bersih pantai itu.

“Bagi sebagian turis, sampah pantai dianggap sebagai teror menakutkan, karena itu umat Islam di Bali harus ikut peduli, sekaligus menunjukkan kebersamaan dalam bingkai Nyama Bali, Nyama Selam,” kata Ismoyo di sela-sela aksi yang dimulai sejak pukul 06.00 Wita.

Sementara Ketua Presidium KAHMI Bali Harry Sumarno mengatakan aksi ini juga merupakan bagian dari upaya merekatkan persaudaraan warga muslim di Bali.

“Ini murni aksi sosial, di mana mulai makanan, minuman dan alat untuk bersih-bersih pantai membawa dari rumah masing-masing peserta,” katanya.

Ketua Sahabat Subuh Bali Yusuf Santiaji mengapresiasi kegiatan itu, yang merupakan salah satu bentuk kepedulian masyarakat muslim Bali terhadap kebersihan lingkungan.

“Acara ini sangat luar biasa, bisa memperat tali persaudaraan sesama muslim seluruh Bali. Kami berharap acara ini bisa dilakukan lagi, semoga ke depannya diadakan lagi,” kata Yusuf.

Ketua FPMI Universitas Udayana Alam Prabowo mengajak generasi muda muslim Bali berpartisipasi dalam kegiatan aksi sosial komunitas, seperti aksi bersih-bersih pantai kali ini.

“Ini merupakan kegiatan sosial yang patut diikuti oleh anak muda ‘zaman now’, agar kita lebih peduli dengan lingkungan sekitar kita,” katanya. (ant/abi)

JOIN THE DISCUSSION