R-2 Paling Tinggi Jadi Korban Laka Lantas Lebaran 2016,DPRD Jatim: Anggaran Mudik Gratis Pemerintah Minim

 

Portaltiga.com: Komisi D DPRD Jatim menilai tingginya laka lantas di Jatim saat lebaran 2016 yang didominasi oleh kendaraan roda dua (R2) dikarenakan pemerintah memiliki anggaran minim untuk pelaksanaan mudik gratis dengan mengangkut kendaraan roda dua dengan truk.

“Kami sudah datang ke Jakarta dan mempertanyakan ke Kemenhub soal penyediaan truk yang mengangkut kendaraan roda dua untuk mudik seperti tahun lalu,”ungkap anggota Komisi D DPRD Jatim Abdul Halim saat ditemui di DPRD Jatim, Rabu(13/7).

Politisi asal Gerindra ini mengatakan pihaknya berharap pelaksanaan mudik dan balik lebaran 2016 ini segera dievaluasi total mengingat adanya tingginya korban jiwa.” Ada yang perlu dibenahi untuk lebaran 2016 mendatang,”sambungnya.

Pria asal Madura ini juga mencontohkan beberapa hal yang perlu dievaluasi diantaranya pelaksanaan mudik gratis lewat jalur laut.”Kalau sebelumnya kapal barang dimodifikasi untuk angkut penumpang, kedepannya saya berharap Dishub mau melakukan negoisasi jauh-jauh hari dengan pengusaha kapal untuk menyediakan kapal penumpang yang layak. Tak usah menggunakan kapal barang seperti selama ini,”tandasnya.

Sebelumnya, Polda Jatim kembali merilis jumlah korban jiwa selama lebaran 2016 baik mudik maupun balik yang sebelumnya menunjukan angka 54 korban jiwa kini bertambah menjadi 77 korban jiwa. Selain korban jiwa Polda Jatim juga mencatat korban luka berat sebanyak 91 orang dan luka ringan sebanyak 876 orang dengan total kerugian materi sebanyak Rp 600 juta. Sedangkan untuk jumlah kasus laka lantas ada 578 kasus serta jenis kendaraan paling banyak mengalami laka lantas adalah kendaraan roda dua. (Yudhie)

JOIN THE DISCUSSION