Prancis Masuk Final, Ini Kata pelatih

Portaltiga.com – Timnas Prancis berhasil melenggang ke babak Final Piala Dunia 2018 setelah sukses mengalahkan generasi emas dari timnas Belgia. Kemenangan ini pun menjadi unik mengingat bukan striker yang menjebol gawang, namun bek Samuel Umtiti yang justru menjamin kemenangan Prancis 1-0 atas Belgia.

Pelatih timnas Prancis Didier Deschamps pun mengapresiasi para bek punggawa tim ayam jantan atas performa gemilangnya.

“Ini luar biasa,” kata Deschamps saat diwawancarai di pinggir lapangan. “Saya sangat gembira untuk para pemain, kami menunjukkan karakter dan mentalitas yang tepat, ini sangat berat untuk kami. Kami bekerja keras di lini belakang.

Jual beli serangan yang terjadi dalam laga semalam itu pun membuat Deschamps bangga kepada anak asuh dan stafnya.

“Kami harus lebih memanfaatkan serangan balik, namun selamat kepada pemain dan staf saya. Saya merasa bangga pada kelompok ini.”

Deschamps juga mengenang kembali kekalahan Les Bleus dari Portugal di final Euro 2016 di hadapan publik sendiri, dan mengaku hal tersebut masih membayangi tim.

“Dua tahun lalu, saya ingat apa yang terjadi dua tahun lalu,” imbuhnya.

“Kami akan berangkat ke final ini untuk memenangkannya, karena masih masih belum melupakan final lalu.”

Deschamps berpeluang menyamai legenda Jerman Franz Beckenbauer dan ikon Brasil Mario Zagallo yang pernah memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Tapi ia menegaskan sukses Les Bleus adalah buah kerja keras seluruh tim.

“Selama 49 hari bersama, ada banyak hal, hal-hal sulit, fase grup, ini adalah kegembiraan semua orang.” (goc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION