PLN Distribusi Jatim Siap Amankan Pelaksanaan UNBK

 

Portaltiga.com: Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan demi kelancaran tersebut PT PLN (Persero) Distribusi) Jawa Timur siap untuk mengamankan pelaksanaan UNBK tersebut.

Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Distribusi) Jawa Timur, Pinto Raharjo mengatakan, untuk mengamankan jalannya UNBK agar tidak ada gangguan pemadaman listrik, pihak sekolah memang harus berkoordinasi dengan PLN.

Sebelum berkoordinasi, pihak sekolah harus mengetahui dulu, daya listrik terpasang di sekolah mereka. Ini penting diketahui untuk mengetahui apakah daya yang terpasang itu cukup untuk mengaliri komputer atau laptop saat UNBK berlangsung.

“Biasanya satu laptop itu dayanya 75 hingga 100 watt sedangkan PC (personal computer) butuh 300 watt. Kalau satu sekolah memasang 100 komputer misalnya untuk UNBK, ya bisa dihitung sendiri berapa besar daya yang dibutuhkan. Kalau kurang dari itu, bisa jadi akan mengalami gangguan listrik.” Katanya, kepada portaltiga.com, Senin (28/03/16) di kantor PLN Dist.Jatim.

Ia mejelaskan, jika sekolah yang bersangkutan menghitung, daya terpasang di sekolah belum cukup memenuhi, maka bisa langsung melapor ke PLN melalui 123 untuk meminta tambahan daya sementara selama UNBK. Dari sana, nantinya akan ditanya berapa tambahan daya yang diminta serta besaran biayanya. “Sangat simpel kok. Setelah UN selesai bisa kembali ke daya semula.

“Selain itu, koordinasi dengan PLN setempat juga perlu dilakukan sekolah. Sekolah harus melaporkan kegiatan UNBK itu agar saat ujian berlangsung, PLN tidak melakukan maintenance rutin di kawasan yang sedang berlangsung ujian itu. “Biasanya PLN itu melakukan maintenance. Saat maintenance, biasanya listrik dipadamkan. Kalau sudah ada laporan ada UNBK, maka maintenance itu akan kami tunda.”ungkapnya. (TrishnA)

JOIN THE DISCUSSION