portaltiga.com
Intermezzo

Pilkada Jatim 2018, Gus Ipul Tunggu Waktu Adzan Tiba

Portaltiga.com – Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menanggapi santai berita tentang survei-survei yang mengunggulkan salah satu calon yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2018 mendatang.

“Ayo semua bisa bikin survei sendiri. Hasilnya disesuaikan keinginnya sendiri-sendiri. Tentunya dengan sumber yang tidak mau disebut sumber. Hehehehe,” kata Gus Ipul, sapaan lekat Saifullah Yusuf di Surabaya, Kamis (28/4).

Dalam survei yang dibuat di media-media lokal Jatim, nama Gus Ipul-panggilan akrab Saifullah Yusuf-termasuk salah satu bakal calon gubernur (bacagub) yang diunggulkan. Nama bacagub lainnya, adalah Halim Iskandar (Ketua DPRD Jatim) dan Khofifah Indar Parawansa (Menteri Sosial).

Bahkan, dalam survei yang tidak jelas sumber beritanya tersebut, Gus Ipul kalah dibanding calon lainnya. Elektabilitas Gus Ipul kalah dari Khofifah, karena belakangan sering turun ke Jatim.

Dalam pesta demokrasi Jatim 2018 mendatang, Gus Ipul mengaku mengalir sepert air saja. Jika ada peluang akan dijalani dengan baik dan sungguh-sunguh. Sebaliknya, jika tidak ada peluang, maka dia tidak akan terlalu memaksa dan mengejar-ngejarnya.

“Saya glundung semprong saja. Ada kesempatan jalan, tidak ada ya sudah. Kalau kata Gus Dur, gitu aja kok repot. Urip ojok mesko (hidup jangan dipaksa, red). Ini masih belum waktunya adzan. Hahahaha,” kata Gus Ipul, tanpa menjelaskan lebih lanjut kalimat ‘ini belum waktunya adzan’ itu.

Terpisah, pengamat komunikasi politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Suko Widodo menyebut, jika Pilgub Jatim digelar hari ini, maka Gus Ipul akan memenangkannya. Itu artinya, popularitas dan elektabiltias Gus Ipul sebagai calon gubernur Jatim saat ini sangat tinggi, dibanding nama-nama calon lainnya yang muncul.

Bahkan calon-calon lain yang sekarang muncul, mereka mengakui kalau Gus Ipul popularitas dan elektabilitasnya sangat tinggi. “Mereka mengatakannya sendiri kepada saya kok. Nama-nama yang muncul sekarang belum kuat untuk melawan Gus Ipul,” ucapnya. (Bmw)